BMKG Ingatkan Lima Kabupaten di Sultra Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyatakan ada lima wilayah kabupaten di Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Koordinator Observasi dan Informasi Badan Klimatologi Maritim Kendari, Faizal Habibie di Kendari, Senin mengungkapkan selain berpotensi hujan sedang pada lima kabupaten juga dapat disertai kilat dan petir hingga berpeluang terjadi angin kencang.

Di Kabupaten Kolaka misalnya berpotensi hujan di kecamatan Samaturu, Kabupaten Konawe di kecamatan Abuki, Latoma, Uepai, Routa, Anggaberi, Asinua, Padangguni, Tongauna Utara,

dan Kabupaten Kolaka Utara di wilayah kecamatan Batu Putih dan sekitarnya.

Kemudian, di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan sedang dan lebat di wilayah kecamatan Asera, Wiwirano, Langgikima, Molawe, Lasolo, Oheo, Andowia, Lasolo Kepulauan, dan Landawe, sedangkan di Kabupaten Kolaka Timur di wilayah kecamatan Uluiwoi, Tinondo, Ueesi, dan sekitarnya.

"Dan dapat juga meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka di wilayah kecamatan Wolo, dan Iwoimendaa, di kabupaten Konawe di wilayah Tongauna, dan Meluhu, Kabupaten Kolaka Utara di Lasusua, Pakue, Rante Angin, Kodeoha, Ngapa, Wawo, Lambai, Watunohu, Pakue Tengah, Pakue Utara, Porehu, Katoi, Tiwu, Tolala, dan sekitarnya," ujarnya.

Adapun suhu udara pada hari Senin antara 24 - 33 derajat selsius dengan kelembaban udara berkisar 60 - 95 persen dengan kecepatan angin dan Tenggara - Barat Daya per 2 - 20 kilometer per jam.

Ia juga menambahkan bahwa, peringatan dini cuaca hari ini juga berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan/atau angin kencang pada siang hari di wilayah Kabupaten Bombana, Konawe Utara, Konawe Selatan, Muna, Muna Barat, dan Buton Utara.(pa)