BMKG: Wilayah Sulawesi Tenggara Masih Berpotensi Turun Hujan

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari merilis peringatan dini cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masih berpotensi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Kamis sekira 08:40 Wita hingga sore dan malam hari.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim BMKG, Sugeng Widarko di Kendari, Kamis, menyebutkan dalam prakiraan BMKG, ada delapan kabupaten di Sultra yang berpotensi hujan di waktu pagi hingga siang yakni Kabupaten Konawe di wilayah Meluhu, Amonggedo, Kabupaten Muna di kecamatan Napabalano, Lasalepa, Batalaiwaru, Katobu, Duruka, Watopute, Kontunaga, dan Kabupaten Konawe Selatan di wilayah kecamatan Laonti.

Kemudian di Kabupaten Kolaka Utara meliputi di wilayah Pakue, Ngapa, Watunohu, Tiwu, Kabupaten Konawe Utara: di kecamatan Asera, Andowia, Kabupaten Buton Utara: Wakorumba Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan: Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, Kabupaten Muna Barat: Sawerigadi, Barangka, Lawa, Wadaga, Tiworo Selatan, Maginti, Tiworo Tengah, Tiworo Kepulauan, Kusambi, Napano Kusambi, dan sekitarnya.

"Dan dapat juga meluas ke wilayah lain seperti di Kabupaten Kolaka: wilayah berpotensi hujan di kecamatan Pomalaa, Watubangga, Tanggetada, Toari, Polinggona, Kabupaten Konawe: Wawotobi, Pondidaha, Abuki, Tongauna, Latoma, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Anggaberi, Asinua, Padangguni, Wonggeduku Barat, Anggotoa, Tongauna Utara, Kabupaten Muna: Maligano, Wakorumba Selatan, Lohia, Kabangka, Kabawo, Tongkuno, Pasir Putih, Kontu Kowuna, Pasi Kolaga, Batukara, Kabupaten Buton: Kapontori, Lasalimu," ujar Sugeng.

Kabupaten Bombana meliputi wilayah kecamatan Poleang, Poleang Timur, Rarowatu, Rumbia, Poleang Barat, Mata Oleo, Rarowatu Utara, Poleang Utara, Poleang Selatan, Poleang Tenggara, Poleang Tengah, Tontonunu, Lantari Jaya, Mata Usu, Kabupaten Kolaka Utara meliputi Lasusua, Kodeoha, Pakue Tengah, Katoi, dan Kabupaten Konawe Utara meliputi kecamatan Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Motui, Wawolesea.

Di Kabupaten Buton Utara juga berpotensi hujan sedang disertai angin kencang dan petir di kecamatan Kulisusu, Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, dan Kabupaten Kolaka Timur meliputi wilayah kecamatan Ueesi, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 10:40 Wita.

Olehnya itu, pihak BMKG tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengupdate informasi terkait kondisi cuaca melalui situs resmi BMKG yang setiap saat dilaporkan perkembangannya.

Sedangkan menyangkut informasi gelombang laut di wilayah perairan Sultra, kata Sugeng Widarko, masih tergolong sedang yakni kisaran 0,50 meter hingga 1,25 meter pada wilayah perairan Buton Utara, Buton dan perairan Wakatobi.

Sementara suhu udara pada hari ini antara 23 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara: 65 - 96 persen dan kecepatan angin dari barat daya - barat laut, 2 - 30 km/jam.(pa)