Pengen Bangun Pagi Tapi Susah? Yuk, Cobain Tips Berikut Ini

Ilustrasi: Bangun dipagi hari
Ilustrasi: Bangun dipagi hari

Gemapos.ID (Jakarta) - Sulit bangun pagi adalah masalah yang sering dialami sebagian besar remaja dan anak muda masa kini. Padahal dengan bangun pagi kamu bisa melatih kedisiplinan diri loh! Dengan bangun pagi, artinya kamu udah nyuri start dengan persiapan yang lebih dari para kompetitormu yang kalau pagi masih pada molor.

Mungkin kamu juga pernah dengarkan kalau mayoritas dari orang-orang sukses di dunia ini adalah mereka yang dapat bangun lebih pagi dari pada yang lain. 

Yuk, mulai disiplinkan dirimu dengan berusaha untuk bangun lebih pagi. Jika cukup sulit kamu bisa coba ikuti 5 tips ampuh untuk bangun pagi berikut ini, agar kamu bisa bangun pagi dan menorehkan nama kamu dalam daftar orang sukses.

1. Jaga Kebugaran Tubuh

Seperti yang diketaui bahwa rutin berolahraga juga akan meningkatkan kualitas tidur. Jika tidur sudah berkualitas, maka kamu jadi gak kesulitan lagi buat bangun pagi.

Kamu bisa coba lakukan olahraga malam hari sebelum tidur, lho. Tapi ingat ya, cuma olahraga ringan seperti yoga, stretching, dan legs up the wall, serta olahraga ringan lainnya. 

Selain itu, berikan juga jarak waktu antara olahraga malam dengan waktu tidur ya, idealnya sih 2 jam sebelum tidur. 

Badan yang bugar akibat olahraga akan membuat kamu bisa bangun pagi, bahkan sebelum ayam berkokok. Bangun pagi berasa gampang banget kalau badan udah bugar dan tidur udah berkualitas, jadi bangun pagi pun dalam kondisi badan yang enteng dan fresh.

2. Batasi Penggunaan Gadget

Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan gadget, termasuk smartphone sebelum tidur akan membuat mata jadi betah melek dan membuat gagal tidur cepat. 

Hal itu disebabkan oleh terhambatnya proses produksi hormone melatonin karena pancaran cahaya dari smartphone. Hormon melatonin sendiri merupakan hormone yang membuat kita ngantuk, dan tidur. 

Membatasi penggunaan gadget sebelum tidur akan meminimalisir resiko gak bisa bangun pagi meskipun sudah tidur cukup 8 jam. Jauhkan juga gadget dari kamu saat tidur untuk menambah kenyamanan tidurmu.

3. Tidur Lebih Cepat

Rutinkan tidur lebih awal itu untuk dijadikan kebiasaan atau jam biologis tidurmu. Dengan begitu kamu akan terbiasa mempunyai jam tidur yang cukup untuk mengistirahtkan tubuh.

Jika kamu kesulitan untuk tidur satu jam lebih cepat misalnya, kamu bisa mempercepat waktu tidurmu lakukan bertahap dari sepuluh menit dulu. 

Biarkan tubuhmu terbiasa selama seminggu, dengan jam tidur tersbut, jika sudah bisa maka percepat lagi 10 menit waktu tidurmu hingga kamu berhasil menambah jam tidurmu sesuai kebutuhan.

4. Motivasi Diri untuk Bangun Pagi

Meskipun esok hari kamu mungkin tidak ada jadwal kerja atau sekolah, meskipun besok weekend, kamu harus punya motivasi untuk bangun pagi. Kamu bisa memotivasi diri begini, besok aku harus bangun pagi nih, biar bisa CFD-an, siapa tahu bakal dapat gebetan. 

Kamu juga bisa bangun pagi dengan motivasi pengen sekedar melihat indahnya alam di pagi hari, bahkan kalau diabadikan dengan foto atau video kamu bisa jual juga, lho. Artinya ada peluang yang bisa jadi motivasi kamu untuk semangat bangun pagi.

5. Tulis Semua Distraksi yang Membuatmu Susah Tidur

Sebelum tidur biasanya kita akan memikirkan banyak hal yang kadang membuat kita gelisah dan akhirnya susah tidur lebih awal. Meskipun ketakukan dan kegelisahan yang belum tentu terjadi.

Kalau sudah begitu, kamu bisa menulis seluruh kegelisahan dan ketakutan itu dalam buku diari atau secarik kertas. Anggap saja kamu baru curhat dan menumpahkan segala keluh kesah agar bisa lebih rileks dan mengurangi beban pikiran yang membuat susah tidur.

Kegiatan menulis distraksi ini baiknya ditulis pagi hari setelah kamu bangun tidur dan setelah mandi, jangan lakukan di malam hari. Lakukan kebiasaan ini dan kamu akan merasakan hidup tanpa beban, tidur lebih nyaman, dan bangun pagi jadi mudah dilakukan.

Nah, itulah lima tips yang bisa membuat kamu lebih mudah bangun pagi. Selamat mencoba!(ysr/ar)