Yuk, Simak 4 Tips Atasi Sakit Kepala di Bulan Ramadhan

Ilustrasi: Sakit Kepala
Ilustrasi: Sakit Kepala

Gemapos.ID (Jakarta) - Selamat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan beberapa orang kadang mengalami sakit kepala musiman, apa anda pernah mengalaminya?

Jika pernah, coba simak empat tips ini berikut ini untuk membantu mencegah atau mengatasinya.

Empat tips atasi sakit kepala musiman di bulan Ramadhan yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Konsumsi makanan kaya serat

Salah satu pemicu sakit kepala saat menjalani ibadah puasa yaitu gula darah yang rendah.

Biasanya untuk mengatasi hal itu, mereka harus mengkonsumsi makanan kaya gula saat sahur supaya bisa berpuasa seharian. Tetapi, sebenarnya cara ini justru malah terbukti makin membuat Anda sakit kepala lantaran makanan kaya gula atau karbohidrat tinggi justru malah membuat tubuh memproduksi insulin berlebihan.

Kadar insulin dalam tubuh yang terlalu tinggi ini menyebabkan Anda jadi cepat lapar, mudah lelah, serta pusing. Karena itu tips yang baik untuk memastikan agar kadar gula darah tetap seimbang saat seharian berpuasa, Anda bisa menyantap hidangan kaya serat saat sahur.

2. Menghindari minuman manis

Saat sahur, sebaiknya Anda menghindari minuman manis, soda, atau kafein bersoda. 

Hal itu karena minuman jenis ini bisa membuat tubuh Anda lebih cepat mengalami dehidrasi.

Sehingga bisa menyebabkan pusing, sebaiknya Anda hanya meminum air putih selama sahur.

3. Minum kopi pahit

Selain air putih, minum segelas kopi pahit saat sahur juga baik karena bertujuan untuk mencegah timbulnya sakit kepala selama jam-jam puasa.

Mungkin Anda terbiasa meminum secangkir kopi. Namun anda harus tahu bahwa kafein yang dikandung di sana justru mempersempit pembuluh darah serta menaikkan detak jantung anda.

Sebaliknya, saat tidak mengkonsumsi kopi, pembuluh darah melebar dan menyebabkan darah bisa mengalir dengan cepat ke otak. Hal inilah yang menyebabkan Anda mengalami pusing.

Supaya tubuh tidak kaget dan mengabitkan pusing kepala, anda disarankan untuk mengurangi asupan kafein seminggu sebelum memulai puasa.

4. Mengubah pola tidur

Selama menjalani ibadah puasa, pastinya anda harus bangun lebih pagi untuk menyantap hidangan sahur. Jam bangun yang lebih pagi ini kerap kali membuat pola tidur Anda terganggu dan menyebabkan sakit kepala.

Cara termudah untuk mengatasi hal ini yakni dengan menyesuaikan pola tidur Anda.

Jika harus bangun lebih pagi, pergilaj tidur lebih awal juga, atau bisa juga mengakalinya dengan membiasakan tidur siang.

Selain mengubah pola tidur, berdiam diri di tempat dingin juga bisa membantu Anda mengatasi sakit kepala selama menjalani ibadah puasa.

Nah, itulah empat tips yang niscaya bisa mengatasi sakit kepala musiman selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Yuk, coba terapkan!(pkr/ra)