Yuk, Simak 5 Tips Meningkatkan Fokus

Ilustrasi: Kehilangan fokus saat belajar
Ilustrasi: Kehilangan fokus saat belajar

Gemapos.ID (Jakarta) - Pernahkah kalian tiba-tiba kehilangan fokus atau mengulang saat membaca buku? Hal ini pastilah sangat mempengaruhi kegiatan yang sedang dilakukan.

Ketidakfokusan yang dialami seseorang terjadi karena beberapa hal, mulai dari karena kelelahan atau hal lainnya. Untuk mengurangi ketidakfokusan tersebut, simak beberapa tips untuk meningkatkan fokus berikut ini.

Berikut ini lima tips untuk meningkatkan fokus yang dikutip dari akun Instagram Kemdikbud:

1. Olahraga

Olahraga dengan teratur dapat meningkatkan kesehatan otak dan berguna dalam waktu jangka panjang sehingga dengan berolahraga juga dapat meningkatkan fokus. Olahraga sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan berjalan kaki setiap pagi. Selain itu, olahraga juga dapat berdampak baik untuk kesehatan mental seseorang.

2. Berhenti Multitasking

Jika ingin tetap fokus maka sebaiknya lepaskan semua gangguan yang kita miliki. Kerjakanlah secara perlahan-lahan dan satu-satu dan berhentilah melakukan banyak hal sekaligus.

Jika terus melakukan multitasking, maka konsentrasi kita akan terus-menerus terpecah.

3. Istirahat

Beristirahat dengan cukup dapat meningkatkan fokus. Ketika seseorang beristirahat dan bermimpi, beberapa ingatan akan muncul. Sebagian kemudian hilang. Sedangkan sisanya akan tergabung dan disimpan. Bila tidak tidur, seseorang akan sulit mengingat.

4. Meditasi

Bagaimana cara bermeditasi agar dapat meningkatkan fokus? Caranya berlatihlah untuk mengatur napas dengan menarik napas kemudian hembuskan secara perlahan-lahan.

Lakukanlah selama 20 menit saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

5. Hindari Perut Kosong

Lapar adalah salah satu alasan mengapa seseorang sulit konsentrasi. Jangan acuhkan rasa lapar. Jika merasa lapar langsung makan, setelah itu kembali lakukan aktivitas dengan perut terisi atau ditemani dengan makan ringan sehingga dapat berkonsentrasi kembali. Selain itu, hal yang perlu diingat, sehabis makan jangan langsung tidur karena ini malah akan membahayakan kesehatan.

Itulah, beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan fokus, yuk langsung kita coba!(trb/ri)