Polda Metro Jaya Siapkan 37 Titik Pos Pengamanan Arus Mudik

Kabid Humas Polda Metro Jaya saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (13/4/2023). (ant)
Kabid Humas Polda Metro Jaya saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (13/4/2023). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) -  Polda Metro Jaya  menyiapkan 37 lokasi pos pengamanan arus mudik di sejumlah wilayah hukumnya termasuk jalan tol.

"Pos pengamanan arus mudik dan arus balik ada 37 lokasi pos pengamanan termasuk jalan tol, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Trunoyudo menyebutkan pos pengamanan arus mudik ini terbagi dari pertama ada pos pengamanan arus mudik dan tol di wilayah DKI Jakarta itu ada delapan titik.

"Rinciannya, delapan pos pengamanan di jalur tol saat arus mudik yakni KM 10 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, KM 29 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 33 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 39 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 10 Tol Jagorawi arah Bogor, Rest Area Pinang KM 13,5 Tol Merak, serta Rest Area Kunciran KM 14 Tol Merak, " kata Trunoyudo.

Kemudian, enam pos pengamanan di jalur tol saat arus balik, seperti GT Cikunir, KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 6 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area Pinang KM 13,5 Tol Merak, Rest Area Kunciran KM 14 Tol Merak, dan KM 21 Tol Merak arah Jakarta.


"Selanjutnya untuk pos pengamanan di jalan arteri ada sembilan pos di antaranya Pos Lantas Kalideres, Pos Joglo Raya, Pos Kalimalang, Pos di Jalan Nur Ali Sumber Arta, Pos di Jalan Sultan Medan Satria Kota Bekasi, Pos Pasar Tambun, Pos Kedungwaringin, Pos Panasonic, dan Pos SPBU Cilangkap, " ucap Trunoyudo.

Trunoyudo juga menyebutkan pos pengamanan juga didirikan di Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jatinegara, Pelabuhan Tanjung Priok, Bandara Soekarno-Hatta, hingga Bandara Halim Perdanakusuma.

"Selain itu, pos pengamanan juga disiapkan di tempat-tempat wisata. Yakni, Ragunan, Monas, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kota Tua, " ucapnya.

Trunoyudo juga menjelaskan pihaknya bakal menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan.

"Polda Metro Jaya akan melakukan langkah-langkah rekayasa lalu lintas melihat situasional yang ada. Contohnya dari persimpangan antara Jakarta Utara Tanjung Priok menuju Cikampek, dan juga Pondok Indah atau dari arah selatan itu akan melihat situasional kepadatan," tambahnya. (pu)