Polda Metro Jaya Masih Buka Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2022

Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menyiapkan 400 bus mudik gratis Lebaran 2022 bagi warga yang ingin pulang ke empat provinsi.
Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menyiapkan 400 bus mudik gratis Lebaran 2022 bagi warga yang ingin pulang ke empat provinsi.

Gemapos.ID (Jakarta) - epolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menyiapkan 400 bus mudik gratis Lebaran 2022 bagi warga yang ingin pulang ke empat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Ada 400 bus dengan kapasitas 20.000 orang," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo pada Jumat (22/4/2022). 

Posko pendaftaran mudik gratis Polda Metro Jaya dibuka sampai Minggu (24/4/2022) mulai pukul 9.00 WIB sampai 16.00 WIB dengan pemberangkatan pertama mulai Senin (25/4/2022)

Jumlah pemudik dalam program mudik gratis belum bisa disebutkan Sambodo lantaran ini masih dalam pendataan.

"Sampai saat ini masih didata jumlah pemudik yang sudah terdaftar," ucapnya.

Walaupun demikian, Sambodo Purnomo Yogo memastikan kursi  masih tersedia bagi masyarakat yang hendak mengikuti program Mudik Gratis Polda Metro Jaya. 

"Kursi masih tersedia," ucapnya.

Sementara itu sebanyak 6.500 calon pemudik di Ibu Kota hingga saat ini telah mendaftar untuk program mudik gratis sejak dibuka pada Sabtu (16/4/2022) dari total 11.680 tiket yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Jadi, kuota masih banyak, kami masih membuka pendaftaran," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Yayat Sudrajat.

Untuk arus balik, Pemprov DKI Jakarta menyediakan 8.000 tiket gratis sehingga total kuota tiket gratis yang disediakan untuk arus mudik dan balik mencapai 19.680 tiket.

DKI Jakarta menyediakan 292 unit bus untuk melayani 17 kota dari Jakarta ke berbagai daerah di Pulau Jawa dan Sumatera untuk arus mudik. Hal ini disertai sebanyak 22 unit truk untuk mengangkut 660 motor pemudik.

Untuk arus balik disediakan DKI Jakarta sebanyak 200 unit bus dan sembilan truk yang mengangkut 270 motor pemudik. Sepeda motor akan diberangkatkan lebih dahulu sesuai terminal keberangkatan calon pemudik.

Beberapa hari lalu akses pendaftaran sempat mengalami kendala karena sebanyak 4,8 juta orang mengakses laman http://www.mudikgratisdkijakarta.id.

Pemprov DKI Jakarta mengutamakan warga dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI mengikuti program mudik gratis. Namun, tidak menutup warga non-KTP DKI yang ikut asalkan masih tersedia kuota.

“Ini kan mengutamakan untuk KTP DKI. Kalau pun ada yang di luar KTP DKI, tetap kami terima selama kuota masih ada," tuturnya. (ant/mau)