Susah Tidur? Yuk, Simak Tips Sembuhkan Insomnia Berikut Ini

Ilustrasi: Insomnia yang dialami sebagian orang
Ilustrasi: Insomnia yang dialami sebagian orang

Gemapos.ID (Jakarta) - Manusia memerlukan tidur setidaknya lima sampai delapan jam dalam sehari agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Namun, sebagian orang masih mengeluhkan susah tidur atau insomnia yang mengurangi kualitas tidurnya sehingga tubuh menjadi lelah dan mudah sakit.

Meski mata merem, namun pikiran malayang-layang tak jelas, itulah yang dirasakan orang-orang yang mengalami insomnia.

Karena itu, berbagai cara dilakukan oleh sebagian orang agar insomnianya sembuh, dan dapat tidur dengan nyenyak di waktu yang tepat untuk istirahat.

Meski begitu, sebelum anda melakukan Konsultasi ke dokter, ada baiknya anda mencoba beberapa tips alami untuk mengobati insomnia. 

Seperti dilansir dari laman Health Line, berikut ini empat cara mengobati insomnia agar anda bisa tidur nyenyak.

1. Meditasi Kesadaran

Sambil duduk tenang, ambil napas secara perlahan dan lakukan berulang. Hal ini dapat mengamati kondisi fisik dan mental yang sedang tidak stabil. Hal ini dapat dilakukan saat pagi atau sore hari.

Meditasi kesadaran memiliki banyak manfaat kesehatan yang sejalan dengan gaya hidup sehat, serta mendorong tidur lebih nyenyak. Kemudian bisa mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kekebalan.

2. Pijat

Penelitian  menemukan, terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia, bisa meningkatkan kualitas tidur dan disfungsi pada siang hari. Ini juga dapat mengurangi perasaan sakit, kecemasan, dan depresi.

Jika anda merasa memiliki masalah kesehatan khusus yang dapat menghambat manfaatnya, cobalah tanyakan kepada dokter terlebih dahulu.

3. Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dapat meningkatkan mood, memberi lebih banyak energi, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus melakukan olahraga ringan setidaknya selama 20 menit per hari.

4. Yoga

Yoga dipercaya memiliki efek positif pada kualitas tidur. Di mana jika anda melakukannya secara rutin maka akan memberi dampak mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental.

Pilih gaya yang lebih berfokus pada meditasi bergerak, atau latihan pernapasan sebagai lawan dari gerakan fisik yang sulit. Gerakan lambat dan terkontrol memungkinkan Anda untuk tetap hadir dan fokus. Yin dan yoga restoratif adalah pilihan tepat.

Upayakan untuk melakukan beberapa sesi lebih lama setiap minggu, dan setidaknya 20 menit latihan mandiri setiap hari. Melakukan postur tubuh sebelum tidur dapat membantu Anda untuk rileks dan melepas lelah.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menurangi bahkan menyembuhkan insomnia. Selamat mencoba!(hln/ri)