Peringati World Bicycle Day, Ini Tips Aman Bersepeda

Ilustrasi: Bersepeda aman
Ilustrasi: Bersepeda aman

Gemapos.ID (Jakarta) -  Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 3 Juni. Indonesia, memanfaatkan momen ini untuk mendorong masyarakat lebih bahagia menggunakan sepeda. Yakni bukan hanya sebagai opsi alat bertransportasi, namun juga alat meningkatkan kualitas hidup penggunanya.

Seperti pada Hari Sepeda Sedunia kali ini (3/6/2022), merek sepeda lipat asal Inggris, Brompton, menyoroti bahwa salah satu cara terpenting untuk mendorong semakin banyak orang bersepeda adalah dengan terus mengedukasi pentingnya keamanan saat bersepeda kepada masyarakat.

Selain itu, adanya edukasi keselamatan bersepeda ini juga sebagai wujud kolaborasi dalam mendukung upaya Kementerian Perhubungan yang sebelumnya menggalakkan Pekan Keselamatan Jalan Nasional pada tahun 2021 lalu.

Dikutip dari siaran tertulisnya, berikut beberapa tips mudah keselamatan bersepeda yang perlu diketahui saat akan bersepeda.

1. Perhatikan kondisi sepeda

Pertama mulailah dengan bangun kebiasaan secara rutin untuk mengecek kondisi sepeda sebelum bersepeda. Perhatikan semua bagian seperti rem, rantai, jok sepeda, stang, dan ban terisi angin yang memadai. 

Melakukan pengecekan kondisi sepeda secara berkala pun dapat membuat pengendara lebih aman dan nyaman, serta sepeda menjadi lebih awet.

2. Menggunakan helm

Menggunakan helm merupakan salah satu bentuk menjaga keselamatan pengendara yang dapat mencegah cedera kepala serius dalam kecelakaan. Selain helm pengendara juga bisa menambah pelindung diri lainnya seperti pelindung lutut, kacamata hitam dan masker.

3. Menggunakan tangan sebagai tanda lampu sein

Untuk keselamatan sesama pengguna jalan, rentangkan tangan Anda sebagai tanda pengganti lampu sein. Beri tanda ini beberapa meter sebelum Anda berbelok.

4. Bersepedalah di sisi jalan yang benar

Setiap pengendara diwajibkan untuk tertib dalam mengikuti peraturan lalu lintas agar tidak membahayakan pengendara kendaraan lain. Gunakan jalur sepeda yang tepat disediakan.

Jika tidak ada jalur sepeda, gunakan jalur yang tidak berlawanan arah dengan pengendara kendaraan lain untuk menghindari tabrakan dari pengendara transportasi lain yang datang dari arah berlawanan. Dan bersepedalah di sisi tepi jalan, bukan di tengah jalan.

Nah, itulah beberapa tips yang wajib kamu ingat sebelum dan selama menggunakan sepeda. Selamat mencoba dan salam sehat!(sur/ar)