BMKG Kendari: Waspadai Angin Kencang di Penghujung Tahun

BMKG Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara mengingatkan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut maupun darat untuk tetap mewaspadai terjadinya angin kencang
BMKG Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara mengingatkan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut maupun darat untuk tetap mewaspadai terjadinya angin kencang

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara mengingatkan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut maupun darat untuk tetap mewaspadai terjadinya angin kencang pada hari-hari di penghujung tahun 2022 ini.

Koordinator Observasi dan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie dalam pernyataan tertulis yang diterima di Kendari, Jumat, mengatakan angin yang bertiup dari arah barat daya hingga ke barat laut dengan kecepatan 2 - 30 knot terjadi pada 23 - 25 Desember2022.

Ia mengatakan, potensi terjadi angin kencang disertai hujan sedang-lebat disertai Kilat/Petir terjadi pada pagi sekitar pukul 09.00 hingga siang hari 12.30 WITA.

Wilayah yang harus diwaspadai potensi hujan dan angin kencang diantaranya Kabupaten Kolaka, Konawe, Konawe Selatan, Bombana, Kolaka Timur, Buton tengah, Buton Selatan dan Kota Baubau.

Di wilayah Kabupaten Kolaka yang berpotensi hujan sedang disertai angin kencang yakni di kecamatan Wundulako, Pomalaa, Baula, Tanggetada, Kabupaten Konawe meliputi kecamatan Puriala, dan Onembute.

Sementara di Kabupaten Konawe Selatan meliputi Angata, Kabupaten Bombana meliputi Kabaena, Kabaena Timur, Kabaena Selatan, Kabaena Barat, Kabaena Utara, Kabaena Tengah, Kabupaten Kolaka Timur di wilayah kecamatan Tirawuta, Loea, Ladongi, Poli Polia, Lalolae, Aere, dan Dangia, Kabupaten Buton Tengah di kecamatan Lakudo, Mawasangka Timur, Mawasangka Tengah, Mawasangka, dan Talaga Raya.

Begitu pula di Kabupaten Buton Selatan meliputi wilayah kecamatan Batauga, Sampolawa, Siompu, dan Kadatua, Kota Bau Bau di wilayah Betoambari, Wolio, Murhum, dan sekitarnya.

"Dan dapat juga dapat meluas hujan dan angin kecang ke wilayah Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, Buton Konawe Selatan, Bombana, Wakatobi, Konawe Utara, Kolaka Timur, Buton Tengah, Buton selatan dan Kota Baubau," demikian Faizal Habibie.(ar)