BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di Sumatera Utara

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - adan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) pada sore dan malam hari.

Prakirawan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan, Christin A Matondang, Selasa, menyebutkan sebagian wilayah di Sumut rpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diiringi guntur dan angin kencang.

Kondisi tersebut dapat terjadi di wilayah lereng Barat, pegunungan, dan lereng Timur Sumut. Untuk itu warga diimbau agar waspada dengan kondisi tersebut karena dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Sidikalang, Pakpak Barat, Toba, Samosir, dan sekitarnya.

Malam hari berpeluang hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan sedang terjadi di wilayah Karo, Simalungun, Deliserdang, Samosir, Humbahas, Pakpak Barat, Tapteng, Sibolga,Madina, Kepulauan Nias, dan sekitarnya

Dini hari berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Mandailing Natal, Nias, Medan, Langkat, Sergei, Delsierdang, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labura dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 15.0 – 33.0 derajat Celsius, kelembapan udara 65 – 98 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(ra)