BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Cerah Berawan

Ilustrasi: Cuaca cerah berawan
Ilustrasi: Cuaca cerah berawan

Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia cerah berawan pada Kamis.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Kamis, sebagian besar Ibu Kota Provinsi diprakirakan cerah berawan, yakni Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Bandung, Semarang, Pontianak, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Pekanbaru, Makassar, dan Medan.

Beberapa wilayah seperti Surabaya dan Tarakan diprakirakan cerah hingga cerah berawan.

Namun, BMKG mengingatkan masyarakat waspada hujan lebat yang disertai petir di wilayah Jambi dengan kelembaban 70-100, Banjarmasin dengan kelembaban 55-95, dan Mamuju dengan kelembaban 65-90

Beberapa wilayah juga diprakirakan mengalami hujan ringan, yakni Banda Aceh, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Kota Jayapura, dan Manokwari.

Sedangkan beberapa wilayah, seperti Medan, Manado, Kendari, Ternate, dan Pontianak berpotensi hujan sedang.

Wilayah Ambon didominasi berawan dengan suhu 22-29 C, begitu juga dengan Padang dengan suhu 24-32 C dan Palembang dengan suhu 24-33 C.

BMKG mengimbau masyarakat waspada potensi banjir yang bisa terjadi di beberapa provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

BMKG juga melaporkan beberapa wilayah berpotensi mengalami gelombang tinggi 2.50-4.0 meter, yakni di Samudera Hindia barat Lampung dan Samudera Pasifik Utara Biak.(ri)