BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Pegunungan Sumatera Utara

Peta Cuaca di Sumatera Utara
Peta Cuaca di Sumatera Utara

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan lebat di pegunungan di Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir.

"Kepada masyarakat di wilayah Sumatera Utara diimbau untuk tetap mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir di kawasan pegunungan, dan lereng barat Sumatera Utara," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung di Medan, Senin.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga hujan lebat di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga, Humbang Hasundutan, dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga hujan lebat di wilayah Langkat, Deli Serdang, Medan, Samosir, Toba, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga, Humbang Hasundutan, dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpeluang hujan ringan di Asahan, Batubara, Serdang Bedagai. Sementara suhu udara: 16.0 – 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen, angin berhembus dari Barat Laut – Timur dengan kecepatan 10 – 20 km/jam.(ri)