BMKG: Beberapa Wilayah Indonesia Berpotensi Dilanda Hujan Lebat

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat


Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan hujan lebat dengan kecepatan lebih dari 50 milimeter berpotensi menerjang beberapa wilayah di Indonesia pada hari ini yaitu Senin (3/7). 

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip Antara di Jakarta, Senin, potensi hujan lebat diperkirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Hujan lebat juga berpotensi dialami oleh wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. 

Selain hujan lebat, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam turut berpotensi menerjang wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Tak hanya itu, potensi hujan disertai kilat atau petir pun harus diwaspadai oleh wilayah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.  

Kemudian juga perlu diwaspadai oleh wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

“Sedangkan potensi kebakaran hutan terjadi di wilayah Aceh dan Kalimantan Tengah,” ujar BMKG.(ri)