BMKG Sebut Adanya Potensi Hujan Lebat di Pegunungan dan Lereng Barat

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi terjadinya hujan lebat di kawasan pegunungan dan Lereng Barat Sumatera Utara.

"Waspada potensi hujan lebat di pegunungan dan lereng Barat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Budi Prasetyo di Medan, Kamis.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada Pagi hari umumnya berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan – sedang di wilayah Medan, Serdang Bedagai, Deli Serdang, dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Medan, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Asahan, Simalungun, Binjai, Batubara, Tanjung Balai, Batubara, Samosir, P. Siantar dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Toba, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 18.0 – 32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 65 – 98 persen dan angin berhembus dari Barat – Timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(ri)