BMKG: Daratan Jakarta dan Kepulauan Seribu Diprakirakan Cerah Berawan

Ilustrasi: Cuaca cerah pada pagi hari di Bundaran Hotel Indonesia dengan Gedung Perkantoran di Latar Belakang Sekitarnya
Ilustrasi: Cuaca cerah pada pagi hari di Bundaran Hotel Indonesia dengan Gedung Perkantoran di Latar Belakang Sekitarnya

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di daratan Jakarta dan Kepulauan Seribu cerah berawan pada Rabu pagi.

BMKG melalui laman resmi di Jakarta, menyatakan masyarakat yang berada di wilayah Kepulauan Seribu akan disambut cuaca cerah tanpa awan pada siang hari.

Sedangkan wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara diperkirakan cerah berawan sepanjang hari.

Suhu udara di Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 23 hingga 31 derajat celsius.

Tingkat kelembaban udara diperkirakan berada pada kisaran 65 hingga 95 persen.

Sedangkan cuaca di perairan utara Jakarta, antara Banten hingga Jawa Barat, perairan Kepulauan Seribu hingga Laut Jawa bagian Barat, diperkirakan berawan dan angin pada umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan empat sampai 20 knot. 

Jarak pandang atau visibilitas pelayaran dari sejumlah pelabuhan berkisar tujuh hingga delapan kilometer dan ketinggian gelombang antara 0,5 hingga 1,25 meter.

Permukaan laut surut terjadi pukul 01.00 WIB pagi. Sedangkan sekitar pukul 12.00 WIB, permukaan laut diprakirakan mengalami pasang maksimum satu meter.

Suhu udara di kawasan pelabuhan antara 27 hingga 31 derajat celsius dan kelembaban udara antara 70 sampai 85 derajat.

BMKG mengimbau untuk pengguna pelabuhan mewaspadai gelombang laut mencapai 1,50 meter di Laut Jawa bagian barat dan perairan Kepulauan Seribu.

Sedangkan udara di Jakarta masuk peringkat nomor enam tercemar di Indonesia, dengan nilai 88 berdasarkan indeks kualitas udara iqair.com.

Hingga pukul 08.37 WIB, konsentrasi pencemaran udara materi partikulat 2,5 (PM2.5) di Jakarta adalah 29,8 mikrogram permeter kubik (29.8µg/m3).(ra)