BMKG Sebut Hujan Lebat Berpeluang Guyur Sejumlah Provinsi di Indonesia

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat


Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah provinsi di Indonesia pada Rabu.

Menurut BMKG, hujan lebat berpeluang mengguyur bagian wilayah Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Bagian wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga diprakirakan menghadapi hujan lebat.

Sementara itu, hujan yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, dan DKI Jakarta.

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat menurut BMKG berpeluang turun di daerah-daerah di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Di Pulau Sumatera, hujan ringan diprakirakan turun di Kota Palembang, Pangkalpinang, Pekanbaru, Bengkulu, dan Padang; hujan dengan intensitas sedang berpeluang mengguyur Kota Tanjungpinang; dan hujan disertai petir berpotensi terjadi di bagian wilayah Lampung dan Jambi.

Di Pulau Jawa, hujan ringan berpeluang turun di Semarang dan Jakarta, dan hujan dengan intensitas sedang berpotensi mengguyur Bandung.

Hujan juga diprakirakan turun di bagian Pulau Kalimantan. Kota Pontianak, Palangka Raya, dan Tanjung Selor diprakirakan mengalami hujan ringan, Kota Samarinda menghadapi potensi hujan sedang, dan Kota Banjarmasin berpeluang mengalami hujan disertai petir.

Bagian Pulau Sulawesi seperti Kota Manado, Gorontalo, Palu, dan Kendari diprakirakan mengalami hujan ringan, sedangkan Kota Mamuju berpeluang menghadapi hujan sedang.

Di wilayah Indonesia bagian timur, hujan ringan berpeluang turun di Ternate dan Jayapura; hujan sedang diprakirakan mengguyur Ambon; dan Manokwari berpeluang mengalami hujan disertai petir.(ri)