BMKG Prediksi Tiga Kabupaten di Sultra Akan Turun Hujan Intensitas Sedang

Ilustrasi: orang memakai payung saat hujan
Ilustrasi: orang memakai payung saat hujan

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di tiga kabupaten di provinsi itu.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal habibie dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis mengatakan tiga wilayah kabupaten yang diperkirakan hujan sedang hingga dapat disertai kilat dan petir terjadi di kabupaten Wakatobi, Kolaka dan Kabupaten Konawe Kepulauan.

Ia mengatakan di wilayah Wakatobi di perkirakan akan hujan mulai pagi hari hingga siang pada wilayah kecamatan Binongko dan Togo Binongko, di kabupaten Kolaka di kecamatan Pomalaa, Tanggetada dan Polinggona. Sementara di Kabupaten Konawe Kepulauan di wilayah kecamatan Wawonii Barat, dan sekitarnya.

"Selain di tiga wilayah kecamatan yang diperkirakan hujan juga dapat meluas pada beberapa wilayah kabupaten lain di Sultra seperti Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, Bombana, Wakatobi Konawe Kepulauan dan Kota Kendari," ujar Faizal.

Adapun suhu udara pada hari ini berkisar 22 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara berkisar 65 - 95 persen dengan kecepatan angin dari tenggara - barat daya per 2 -40 kilometer per jam.

Selain informasi cuaca, lanjut Faizal Habibie, juga masyarakat yang akan menggunakan jasa transportasi laut diharapkan tetap mewaspadai peringatan dini gelombang di beberapa perairan di wilayah Sulawesi secara umum.

Gelombang sedang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter diperkirakan akan terjadi di selat Makassar bagian selatan, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, perairan barat kepulauan Selayar, perairan Sabalana,laut Flores bagian barat dan perairan pulau Bonerate-Kalotoa bagian utara.(ra)