BMKG Peringatkan Enam wilayah di Sultra Berpotensi Hujan-petir

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebutkan, ada enam wilayah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara diprediksi berpotensi hujan ringan dan sedang disertai kilat dan petir.

Koordinator Observasi dan Informasi Klimatologi Maritim Kendari, Faizal Habibie, dalam keterangan yang diterima di Kendari, Jumat, enam wilayah kabupaten yang berpotensi hujan sedang dan lebat yakni Kabupaten Kolaka, Buton, Konawe Selatan, Bombana, Buton Utara dan kabupaten Konawe Kepulauan.

"Enam kabupaten di Sultra berpotensi hujan sedang itu tidak semua wilayahnya terjadi hujan, namun tergolong tidak lama," ujarnya.

Di Kabupaten Kolaka misalnya, diprediksi hanya di kecamatan Tanggetada, kemudian Kabupaten Buton di kecamatan Kapontori dan Lasalimu, Kabupaten Konawe Selatan di kecamatan Tinanggea, Landono, Moramo, Mowila, dan kecamatan Buke, Kabupaten Bombana di kecamatan Poleang Timur, Poleang Utara dan Lantari Jaya, Kabupaten Buton Utara di wilayah Kulisusu Utara, Wakorumba Utara, dan Kabupaten Konawe Kepulauan di kecamatan Wawonii Selatan, dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah lain seperti Kabupaten Kolaka di wilayah kecamatan Pomalaa, Watubangga, Toari, Polinggona, Kabupaten Konawe di wilayah Soropia, Routa, Meluhu, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe Selatan: Angata, Andoolo, Palangga, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Lalembuu, Benua, Palangga Selatan, Moramo Utara, Wolasi, Laeya, Baito, Basala, Kolono Timur, dan kecamatan Andoolo Barat.

Kabupaten Bombana di wilayah kecamatan Poleang, Rarowatu, Poleang Barat, Rarowatu Utara, Poleang Selatan, Poleang Tenggara, Poleang Tengah, Tontonunu, Mata Usu. Kabupaten Konawe Utara di wilayah Wiwirano, Langgikima, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, Motui, Wawolesea, Lasolo Kepulauan, Landawe, dan Kabupaten Buton Utara di kecamatan Kambowa.

Sedangkan di Kabupaten Konawe Kepulauan meliputi wilayah kecamatan Wawonii Barat, dan Wawonii Tengah, Kota Kendari di kecamatan Baruga, Kambu, Kota Bau Bau di kecamatan Betoambari, Wolio, Bungi, Kokalukuna, Murhum, Lea-lea, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung mulai pukul 14:00 hingga 16.Wita.

Adapun suhu udara yang terjadi pada hari ini yakni 23 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara antara 65 - 95 persen, kecepatan angin dari Tenggara - Barat Daya / 2 - 20 kilometer per jam.

Oleh karena itu, kata Faizal diimbau kepada masyarakat terutama bagi pengguna jasa laut untuk setiap saat melakukan update informasi terkini di BMKG, sebab kondisi cuaca yang sering berubah.(ra)