BMKG Kendari: Hingga Akhir Ramadhan Diperkirakan Akan Turun Hujan Sedang

MKG Kendari memperkirakan hujan masih akan terus terjadi hingga menjelang masuknya lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah
MKG Kendari memperkirakan hujan masih akan terus terjadi hingga menjelang masuknya lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi masih akan terjadi hujan ringan di sejumlah wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan intensitas yang berbeda-beda.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Jumat, menyebutkan ada beberapa daerah yang masih berpotensi hujan ringan hingga sedang, baik pagi, siang, maupun malam hari. Bahkan cuaca hujan diperkirakan hingga akhir Ramadhan 1444 Hijriah.

Di Kabupaten Konawe diprediksi hampir seluruh wilayah kecamatan penghasil beras Sultra itu mengalami hujan ringan dan sedang disertai kilat hingga petir yang cukup ekstrem.

"Hampir seluruh wilayah kecamatan di Konawe alami hujan seperti Wawotobi, Pondidaha, Sampara, Abuki, Soropia, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Routa, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Konawe, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, Anggotoa, dan Tongauna Utara," ujarnya.

Kabupaten Muna di wilayah Kecamatan Maligano, Kabupaten Konawe Selatan pada sebagian wilayah saja seperti Kecamatan Landono, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Moramo Utara, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, dan Kecamatan Sabulakoa.

Di Kabupaten Kolaka Utara di wilayah Kecamatan Batu Putih, Pakue Utara, Porehu, Kabupaten Konawe Utara di Asera, Wiwirano, Langgikima, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Wawolesea, Lasolo Kepulauan, dan Kecamatan Landawe, Kabupaten Buton Utara di wilayah Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara dan Wakorumba Utara.

Sementara di Kabupaten Konawe Kepulauan hujan berpotensi di kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, dan Wawonii Tengah.

Kota Kendari juga alami hujan, terutama di wilayah Kecamatan Piosia, Kendari Barat, Abeli, Nambo dan wilayah sekitaran dan hujan ini diperkirakan hingga pukul 10,00 WITA.

Adapun suhu udara antara 24 - 33 derajat Celsius, kelembaban udara antara 60 - 95 persen, dan kecepatan angin dari Barat Daya - Barat Laut per 2 - 40 kilo meter perjam.(ri)