BMKG: Empat Kabupaten di Sultra Diperkirakan Turun Hujan

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara memprakirakan ada empat kabupaten kota di wilayah itu masih berpotensi hujan ringan hingga lebat dan disertai angin kencang dan petir.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari Faizal Habibie di Kendari, Senin menyebutkan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat di empat kabupaten itu yakni kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Kolaka Timur dan Kota Kendari.

"Jadi potensi hujan ringan dan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir diperkirakan terjadi pada pukul 14.30 Wita hingga dapat menerus hingga sore dan malam hari," ujarnya.

Di Kabupaten Konawe misalnya diperkirakan akan hujan rindang dan lebat di wilayah Lambuya, Unaaha, Sampara, Tongauna, Wonggeduku, Besulutu, Anggaberi, Amonggedo, Onembute, Wonggeduku Barat, dan kecamatanTongauna Utara.

Kabupaten Konawe Selatan meliputi wilayah kecamatan Ranomeeto, Moramo, Laonti, Ranomeeto Barat, dan kecamatan Sabulakoa, Kabupaten Kolaka Timur di wilayah Tirawuta, Lalolae, Tinondo, Kota Kendari: Baruga, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka meliputi kecamatan Pomalaa, Watubangga, Tanggetada, Polinggona, Kabupaten Konawe di kecamatan Wawotobi, Pondidaha, Abuki, Puriala, Uepai, Meluhu, Konawe, Padangguni, Anggotoa, Kabupaten Konawe Selatan di kecamatan Tinanggea, Landono, Kolono, dan kecamatan Palangga Selatan, Kabupaten Kolaka Timur di wilayah Lambandia, Aere dan sekitarnya, kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl 16:30 WITA

Suhu udara pada hari ini antara 23 - 33 derajat celsius dengan kelembaban udara berkisar 60 - 95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari Barat Daya - Barat Laut per 2 - 20 kilometer per jam.(pu)