Erick Thohir Angkat Bicara Soal Tudingan Hobi Naturalisasi Bek, Ini Katanya

Jay Idzes pemain naturalisiasi baru timnas Indonesia (foto: gemapos/ig/erickthohir)
Jay Idzes pemain naturalisiasi baru timnas Indonesia (foto: gemapos/ig/erickthohir)


Gemapos.ID (Jakarta) Ketua Umum PSSI, Erick Thohir angkat bicara soal tudingan PSSI disebut hobi naturalisasi pemain berposisi sebagai bek.

Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir, PSSI menaturalisasi sejumlah pemain berposisi sebagai bek seperti Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, hingga Elkan Baggott.

Terbaru, PSSI dikabarkan tengah merampungkan proses naturalisasi bek berdarah Belanda yang memperkuat klub Serie B Italia, Venezia yakni Jay Idzes.

Bahkan Erick Thohir telah mengunggah foto kebersamaannya dengan Jay Idzes yang memiliki postur badan cukup ideal sebagai seorang bek yakni 191 cm.

Erick Thohir membantah apabila ada anak emas di posisi tertentu dalam melakukan kebijakan naturalisasi.

Ia hanya menekankan siapapun pemain yang punya potensi memperkuat Timnas Indonesia akan selalu dipertimbangkan untuk dinaturalisasi sesuai dengan kebutuhan tim pelatih.

Eks bos klub Serie A Italia, Inter Milan itu tak bisa menilai benar atau salah soal tudingan PSSI yang sering menaturalisasi pemain berposisi sebagai bek.

“Saya tidak bisa bilang benar atau salah, karena tergantung siapa yang mau gabung. Jadi kembali di U-17 banyak pemain muda potensi. Sananta (Ramadhan) di posisi striker itu potensi,” ungkap Erick Thohir dilansir Suara Denpasar dari laman Suara.com, Minggu (10/9/2023).

“Harus bina jangan dibedakan (naturalisasi). Saya lihat selama mau merah putih dan ada darah Indonesia, saudara kami semua,” tegasnya.

Andai proses naturalisasi Jay Idzes rampung, maka Timnas Indonesia akan memiliki menara kembar di lini pertahanan. Setelah sebelumnya ada sosok Elkan Baggott yang memiliki tinggi badan 194 cm.