Teknologi VAR Rawan Sabotase? Ini Kata Erick Thohir



Gemapos.ID (Jakarta) Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberi pesan khusus kepada PT LIB. Erick mengingatkan operator kompetisi Liga 1 itu untuk selalu berhati-hati terhadap ancaman sabotase saat teknologi VAR diterapkan di Indonesia nanti.

Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan di Liga 1.

Peningkatan kualitas perangkat pertandingan ini dilakukan PSSI demi mewujudkan Liga 1 yang lebih bersih kedepannya.

 

Salah satu jalan yang ditempuh untuk mewujud visi tersebut adalah dengan memasang teknologi VAR di Liga 1 musim 2023-2024 nanti.

Rencananya, teknologi VAR ini baru akan di pasang pada bulan Januari 2024, atau di pertengahan musim Liga 1 2023-2024.

Kendati demikian, penerapan VAR ini tentu tak lepas dari berbagai kendala, salah satu kendala yang menjadi ancaman besar adalah kemungkinan adanya sabotase dari pihak luar.

Oleh karena itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberi peringatan kepada PT LIB untuk mempersiapkan diri dari berbagai ancaman yang mungkin terjadi saat teknologi VAR sudah digunakan nanti.

Pria berusia 53 tahun itu pun juga memberikan instruksi kepada PT LIB agar segera menghentikan pertandingan apalagi jaringan internet di lapangan terputus atau bahkan sampai mati.

Menurut Erick hal itu perlu dilakukan untuk menghindari sabotase dari pihak-pihak tak bertanggung jawab yang tidak ingin sepakbola Indonesia maju.

“Saya minta ke Liga, bagaimana kalau jaringan mati? Kan bisa disabotase. Bagaimana nasib pertandingannya? Saya bilang berhentikan.” kata Erick Thohir dikutip dari Bola Sport.

“Karena sabotase di lapangan selalu bisa terjadi dari mereka yang tidak ingin sepak bola maju.” kata mantan Presiden Inter Milan itu.

Selain memasang teknologi baru, Erick juga akan mendidik dan melatih kembali wasit-wasit di Indonesia. Dia berharap lewat pelatihan tersebut, wasit-wasit di Indonesia nantinya bisa menggunakan teknologi VAR dengan baik.

“Ini yang harus kembali dididik, wasit, mereka akan menjadi bagian pelatihan enam bulan pertama, Liga sudah mengajukan proposal, tanggal 20 sudah mulai latihan, karena percuma ada VAR, tapi tidak bisa mencet-mencet.” tambah Erick Thohir.(da)