PSSI Ungkap Tantangan Terbesar Penerapan VAR di Liga 1 Musim Depan

Arya Sinulingga (ist)
Arya Sinulingga (ist)

Gemapos.ID (Jakarta)  Liga 1 musim 2023/2024 akan mulai menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) yang rencananya diterapkan pada putaran kedua atau Februari 2024.

Pengadaan VAR di Liga Indonesia merupakan salah satu janji Erick Thohir saat mencalonkan diri menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Alasannya agar membantu menghadirkan rasa aman bagi klub-klub sepak bola.

 

Saat ini, PSSI sudah mulai melakukan berbagai persiapan agar penerapannya berjalan dengan lancar dengan tujuan bisa meningkatkan kualitas sepakbola di Indonesia.

Namun, penerapan teknologi tersebut rupanya tidak mudah, PSSI dan PT LIB mengalami sejumlah tantangan besar.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Mahendra Sinulingga memaparkan kendala yang menyebabkan VAR kemungkinan belum dapat diimplementasikan pada Liga 1 musim depan.

Menurutnya, tantangan terbesar yang dihadapi yaitu infrastruktur yang masih perlu ditingkatkan, Sumber Daya Manusia (SDM), serta para teknisi yang masih harus dipersiapkan.

"Infrastruktur stadionnya, ternyata ada kebutuhan teknis khusus. Kemudian dari sisi internet, itu harus bagus di stadionnya. Kabarnya Malaysia itu tidak mengaplikasikan (VAR) juga karena seperti itu," kata Arya pada Minggu (28/5/2023).

Untuk mengatasi kendala infrastruktur tersebut, PSSI telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merenovasi 22 stadion agar VAR bisa diaplikasikan.

Kemudian dari segi SDM, wasit-wasit yang memimpin pertandingan Liga Indonesia dianggap masih harus menjalani pelatihan, termasuk yang belum bisa berbahasa Inggris.

Sedangkan dari segi teknisi, saat ini orang-orang yang ada di Indonesia belum menguasai penggunaan VAR sehingga mereka harus menjalani pelatihan.

"Orang-orang teknisnya harus dipersiapkan. Masa kita pakai orang asing, maunya orang Indonesia juga. Jadi, mau tidak mau harus pelatihan lagi," ujar pria yang berusia 52 tahun itu.

Meski mengalami beberapa kendala, PSSI akan terus berusaha agar pengimplementasian teknologi tersebut dipercepat dan dapat dilakukan uji coba pada pertengahan musim.(da)