Erick Thohir Umumkan Daftar Ketua Komite PSSI 2023-2027

Daftar Ketua Komite PSSI 2023-2027 (foto: Twitter/PSSI)
Daftar Ketua Komite PSSI 2023-2027 (foto: Twitter/PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Ketua Umum PSSI Erick Thohir resmi mengumumkan daftar Ketua Komite PSSI 2023-2027 pada Kamis, 20 Juli 2023. Total ada 14 komite tetap ditambah tiga komite Ad Hoc yang mayoritas dihuni oleh anggota Komite Eksekutif (exco) PSSI.

"Kami baru saja selesai rapat exco yang Alhamdulilah kami sudah punya kesepakatan dan saya juga memutuskan bahwa untuk komposisi komite PSSI tahun 2023-2027 yang sesuai dengan aturan FIFA itu harus diisi 14 komite tetap," ujar dia dalam sesi jumpa pers di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juli 2023.

Dari sekian banyak nama yang masuk struktur organisasi, tak ada Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali. Erick telah menugaskan dia menjadi pengawas komite tetap secara berkelanjutan.

"Ada nama yang tak tersebut, Pak Wakil Ketua Umum karena beliau menyadari jumlahnya komite 14. Saya juga sudah meminta beliau karena beliau sangat intensif di kantor PSSI, jadi saya meminta beliau mengawasi seluruh komite," kata mantan presiden klub Inter Milan itu.

Amali yang juga hadir dalam sesi jumpa pers menegaskan akan tetap menjalankan tugas membantu Ketua Umum mengawasi komite meski tidak berada dalam struktur organisasi. "Bagi saya ada atau tidak nama saya di situ, saya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI tetap ada kewajiban untuk menjalan tugas-tugas."

"Kantor saya di PSSI, setiap hari saya berkantor di sana, ada atau tidak adanya nama saya tidak penting, yang penting kerjanya," kata Amali menambahkan.

Selain menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, Amali sebelumnya juga telah ditugaskan menjadi Komisaris PT Liga Indonesia Baru dan PT Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia. Di luar itu, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu juga menjabat sebagai Komisaris Bank Mandiri.

Berikut daftar lengkap Ketua Komite PSSI 2023-2027:

Ketua Komite Keuangan: Pieter Tanuri

Ketua Komite Kompetisi: Endri Erawan

Ketua Komite Teknis dan Pengembangan: Ratu Tisha

Ketua Komite Wasit: Erick Thohir

Ketua Komite Medis: Sumardji

Ketua Komite Sepak Bola Wanita: Vivin Cahyana

Ketua Komite Pengembangan Usia Muda: Muhammad

Ketua Komite Futsal: Hasnuryadi Sulaiman

Ketua Komite Hukum: Ahmad Riyadh

Ketua Komite Status Pemain: Khairul Anwar

Ketua Komite Fairplay dan Tanggung Jawab Sosial: Juni Rachman

Ketua Komite Media: Arya Mahendra Sinulingga

Ketua Komite Sepak Bola: Eko Setyawan

Ketua Komite Keamanan: Rudi Yulianto

Ketua Komite Ad Hoc - BTN: Sumardji

Ketua Komite Ad Hoc - Infrastruktur: Juni Rachman

Ketua Komite Ad Hoc - Suporter: Arya Mahendra Sinulingga

(da)