Waketum PSSI Bongkar Nasib Piala Indonesia Musim Depan

Zainudin Amali (ist)
Zainudin Amali (ist)

Gemapos.ID (Jakarta)  Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali membongkar nasib Piala Indonesia musim depan. Ia mengatakan, peluang turnamen tersebut dijalankan lagi masih dibicarakan.

Seperti diketahui, Piala Indonesia sudah lama vakum. Turnamen yang mempertemukan klub-klub dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 itu terakhir kali bergulir pada 2018, di mana PSM Makassar keluar sebagai juara.

 

"Sedang dibicarakan Piala Indonesia, pelan-pelanlah. Pelan-pelan kita kerjakan mana yang memungkinkan," ujar Zainudin Amali di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

PSSI perlu membicarakannya lebih dulu karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Satu di antaranya yaitu padatnya agenda Timnas Indonesia pada tahun ini.

"Kita ini juga menjadi tuan rumah AFC (Kualifikasi Piala Asia U-23 2023), ada banyak kegiatannya. Kami akan lihat mana yang harus kita ikuti dan mana yang tidak," ucap mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini.

Keputusan digelarnya Piala Indonesia pada musim depan masih butuh pembahasan. Nantinya akan diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Ya nanti tunggu saja bagaimana Piala Indonesia. Karena semua keputusannya Pak Erick Thohir tidak mau memutuskan sendiri, beliau selalu bawa ke rapat Exco," imbuh Zainudin Amali.

Adapun, Piala Indonesia pertama kali digelar pada 2005 dengan Arema FC sebagai juaranya. Setelah itu, turnamen tersebut bergulir lagi pada 2007, 2008, 2009, 2011, dan 2018.(da)