Usai Dipecat Bayern Muenchen, Oliver Kahn Siap Diangkut PSSI Jadi Direktur Teknik?

Gemapos.ID (Jakarta) Kandidat direktur teknik (dirtek) PSSI masih jadi pertanyaan publik. Pihak PSSI hingga kini belum memberikan nama pasti, meski telah merujuk ke negara yang bakal jadi acuan, Jerman.

 

Setelah menjuarai cabang olahraga (cabor) sepak bola putra pada ajang SEA Games 2023 Kamboja, rumor tentang dirtek terus berembus.

Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir bahkan secara terbuka menyebut akan melakukan kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) guna mencari pengganti Indra Sjafri.

Meski belum mengapungkan kandidat direktur teknik, Erick Thohir kabarnya segera melakukan screening untuk memastikan siapa yang bakal ditunjuk mengemban tugas tersebut.

Ditanya perihal kesempatan Kahn mendarat ke Indonesia, Arya Sinulingga langsung membuka ponsel pintar dengan menunjukkan unggahan jurnalis Italia, Gianluca Di Marzio, yang memberikan informasi tentang merapatnya eks kiper Inter Milan Walter Zenga.

"Intinya kita harus sesuaikan dengan situasi di sini. Tapi, dengan hadirnya direktur teknik mumpuni jelas akan membuat peningkatan. Pasalnya, dirtek juga akan kita kasih target soal keputusan siapa pemain yang akan naturalisasi," ujar Arya.

Arya menekankan untuk tidak berekspektasi terlalu tinggi. Sebab, hal itu dikhawatirkan bisa menimbulkan kebingungan dalam diri para pemain. "Yang pasti sarat pengalaman."

Kahn baru saja menerima surat pemecatan dari klub raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Muenchen. Nahasnya, itu didapat setelah Muenchen memastikan gelar juara secara dramatis di pekan terakhir.

Di sisi lain, Walter Zenga di ambang bergabung dengan klub berjuluk La Viola, Persita Tangerang. Mantan portiere timnas Italia yang juga punya hubungan hangat dengan Erick Thohir itu bakal menduduki jabatan pada 1 Juli 2023.

Kehadiran Walter Zenga jelas andil dari peran Erick Thohir yang pernah menjabat sebagai orang nomor satu di Stadion Giuseppe Meazza sejak 2013 hingga 2018.

Bukan tidak mungkin melalui kedekatannya dengan jajaran klub asal kota mode Italia, Erick dapat mendaratkan wajah-wajah pesepak bola profesional dari liga top Benua Biru.(da)