Piala AFF U-23 2023: Berikut Prediksi dan Head to Head Lengkap Indonesia vs Malaysia

Timnas U-23 (foto: PSSI)
Timnas U-23 (foto: PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas U-23 Indonesia akan menjalani laga perdana grup B Piala AFF U-23 2023 melawan Malaysia, Jumat, 18 Agustus. Pelatih Shin Tae-yong telah menggelar latihan dengan fokus pada organisasi permainan.

Shin Tae-yong mengatakan, sesi latihan perdana yang digelar di Nonglalok Stadium, Rayong, Thailand pada Selasa, 15 Agustus itu, intensitasnya ditingkatkan mengingat waktu pertandingan semakin dekat.

"Hampir 70-80 persen dinaikkan intensitas latihannya dengan salah satunya menggelar game internal," ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

"Kondisi pemain baik. Memang ini untuk pertama kali kami mencoba-coba organisasi permainan dan semua pemain bekerja keras dan maksimal," kata dia menambahkan.

Timnas U-23 Indonesia berkompetisi di Piala AFF U-23 dengan membawa 23 pemain. Namun, ada dua nama yang batal turut serta karena tak dilepas klubnya, yaitu Rizky Ridho (Persija Jakarta) dan Dzaky Asraf (PSM Makassar).

Pemanggilan pemain timnas U-23 untuk Piala AFF U-23 ini sempat menuai polemik. Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menuding Thomas Doll, pelatih Persija dan Bernardo Tavares, pelatih PSM Makassar tidak mendukung program tim nasional. Menyusul kejadian itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berencana mengkaji aturan liga soal pelatih asing. 

Pasukan Merah Putih berangkat dengan skuad yang ada ditambah empat pemain baru, yakni Titan Agung (Bhayangkara Presisi FC), Haykal Alhafiz (PSIS Semarang), Mohammad Kanu (Persis Solo), dan Nuri Agus (FC Bekasi Cty).

Head to Head

Timnas U-23 Indonesia mempunyai catatan imbang menghadapi Malaysia dalam empat laga terakhir. Masing-masing mencatat dua kali menang da dua kali kalah.

Empat Pertemuan Terakhir

19/12/2013 Malaysia 3-4 Indonesia (Adu Penalti) - SEA Games 2013

19/07/2017 Indonesia 0-3 Malaysia - Kualifikasi Piala Asia U-23 2017

26/08/2017 Malaysia 1-0 Indonesia - SEA Games 2017

22/05/2022 Malaysia 3-4 Indonesia (Adu Penalti) - SEA Games 2021

Prediksi Timnas U-23 Indonesia vs Malaysia

Laga timnas U-23 Indonesia vs Malaysia di penyisihan grup B Piala AFF U-23 2023 ini diperkirakan bakal berjalan sengit. Pada perjumpaan terakhir mereka, laga berakhir imbang sehingga menentuan pemenang dilakukan lewat adu penalti.

Namun, melihat komposisi skuad yang dibawa kedua tim, Indonesia sedikit lebih diunggulkan karena mayoritas merupakan pemain langganan timnas sehingga chemistry sudah terjalin. Sementara materi pemain Malaysia berisikan kombinasi wajah lama dan baru. Karena itu, skuad Garuda diprediksi menang tipis atas Harimau Malaya di Piala AFF U-23 ini. (da)