Panas Dalam Sebabkan Asam Lambung Naik, Simak 5 Tips Obati Panas Dalam Berikut Ini!

Ilustrasi: Gejala panas dalam
Ilustrasi: Gejala panas dalam

Gemapos.ID (Jakarta) - Di cuaca yang tak menentu seperti saat ini, tubuh rentan terkena penyakit. Salah satunya bisa meningkatkan risiko rasa tidak nyaman di tenggorokan yang merupakan gejala dari panas dalam.

Meskipun seakan sepele, nyatanya jika panas dalam dibiarkan, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan terjadi perburukan. Kebanyakan kasusnya disebabkan makanan atau minuman panas, paparan polusi udara, dan penggunaan suara yang berlebihan.

Selain itu, gejala lain yang biasanya muncul saat panas dalam adalah infeksi saluran pernapasan atas. Ini ditkamui dengan hidung tersumbat, batuk, atau demam yang berlangsung 2-3 hari.

Bahkan pada kasus khusus, panas dalam dapat menyebabkan asam lambung naik. Maka dari itu, bisa muncul rasa tidak nyaman, seperti rasa panas atau perih di ulu hati ataupun rasa tercekik di tenggorokan.

Jika gejala panas dalam sedang kamu alami, cobalah lima cara mengobati panas dalam berikut ini, yang dilansir dari From Healthy, Rabu (24/8/2022), yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Minum air mineral cukup

Mengonsumsi cukup air putih memungkinkan tubuh tidak dehidrasi. Disarankan juga, boleh menambahkan madu ke dalam air minum untuk memberi tambahan manfaat.

2. Istirahat yang cukup dan hindari paparan asap rokok

Agar pemulihan panas dalam yang lebih optimal, Kamu idealnya banyak istirahat dan jauhi diri dari paparan asap rokok. Tidur yang cukup akan meningkatkan imunitas tubuh dan dengan begitu kondisi badan bisa membaik setelahnya.

3. Konsumsi makanan yang membuat tenggorokan nyaman

Disarankan mengonsumsi sup hangat, teh jiahu, atau buah manggis. Beberapa menyarankan juga semangka atau es krim.

4. Berkumur air garam

Hanya dengan berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan gejala panas dalam. Lakukan setidaknya dua kali sehari setelah gosok gigi.

5. Terapkan gaya hidup sehat

Jika panas dalam menyebabkan naiknya asam lambung, maka tidak disarankan makan sebelum tidur. Sebab, kebiasaan ini malah bisa menaikan asam lambung dan rasa tidak nyaman di dada akan semakin terasa.

Selain lima cara diatas, kamu juga disarankan juga untuk menghindari stres, dan minum alkohol. Hal-hal itu terbukti meningkatkan risiko panas dalam bahkan masalah di asam lambung. Selamat mencoba!(hlz/ra)