Rayakan HUT TNI AL ke-77, Lantamal III Gelar Kegiatan Gernaslasih

Kegiatan bersih-bersi laut yang melibatkan unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, TNI POLRI dan masyarakat serta pelaku usaha yang dipusatkan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu
Kegiatan bersih-bersi laut yang melibatkan unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, TNI POLRI dan masyarakat serta pelaku usaha yang dipusatkan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu

Gemapos.ID (Jakarta) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta gelar acara bersih-bersih laut melalui Gerakan Nasional Laut Bersih (Gernaslasih).

Kegiatan tersebut, melibatkan unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, TNI POLRI dan masyarakat serta pelaku usaha yang dipusatkan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, kemarin (07/09/2022).

Kemudian, Asisten Intelijen Komandan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Ari Aryono mewakili Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr. Opsla., M.Han mengatakan kegiatan Gernaslasih merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut yang diperingati setiap tanggal 10 September mengacu kepada perintah langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

"Ini merupakan bagian tugas pokok TNI yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 di antaranya adalah operasi militer selain perang, dimana TNI berperan membantu tugas pemerintah di daerah untuk mempersiapkan segala potensi nasional dan untuk membantu kesejahteraan rakyat," ucapnya saat dilokasi.

Selain itu, tugas tersebut juga dilaksanakan  secara serentak di 77 wilayah kerja TNI Angkatan Laut se-Indonesia.

"Jadi semua komando kewilayahan TNI AL melaksanakan, yang tadi dipusatkan di Kolinlamil, dihadiri Bapak Kepala Staf Angkatan Laut dan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi," pungkas Ari.

Hal itu, bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong, menciptakan jiwa kesatuan dan persatuan yang kokoh dan kuat, serta semakin memantapkan kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan rakyat.

Adapun upaya menjaga kebersihan laut dan mencegah pencemaran lingkungan meluas merupakan tanggung jawab semua pihak. Karena itu, kebersamaan dan gotong royong sangat diperlukan.

Sementara itu, adasekitar 200 orang ikut membersihkan area pesisir pantai dan perairan Pulau Untung Jawa secara serentak.

Di daratan, masyarakat maritim, penda setempat  bersama-sama dengan petugas PPSU Kelurahan Pulau Untung Jawa berjalan kaki sepanjang pasir pantai sambil mengambil sampah yang berserakan.

Kemudian, sampah-sampah yang didominasi bungkus makanan berbahan dasar plastik itu kemudian dimasukkan ke dalam kantong yang telah disediakan. Hal serupa dengan metode berbeda juga dijalankan di lautan.(tni/ra)