Pencinta Bakso Ayo Merapat! Ini 8 Jenis Bakso Khas Nusantara yang Wajib Kamu Coba

Ilustrasi: Bakso Malang
Ilustrasi: Bakso Malang

Gemapos.ID (Jakarta) - Bakso adalah salah satu kuliner andalan yang banyak disukai, bahkan makanan yang satu ini telah menjadi makanan favorit berbagai kalangan. Rasanya hampir semua orang menyukainya.

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis bakso khas dari beberapa daerah, lho. Penasaran? yuk, simak berikut ini jenis bakso khas beberapa daerah yang ada di Indonesia!

1. Bakso cuanki

Cuanki adalah singkatan dari cari uang jalan kaki. Bakso khas Bandung ini cukup di sukai karena harganya yang relative lebih murah. Selain itu, makanan ini biasanya dijual keliling dengan gerobak. 

Cuanki disajikan dengan bakso, siomay kering, siomay kukus, dan tahu rebus, yang disajikan dengan kuah panas serta beragam bumbu. 

2. Bakso ikan ekor kuning

Bakso yang berasal dari Karimunjawa ini memiliki berwarna putih. Sesuai dengan namanya, bakso ini terbuat dari ikan ekor kuning yang membuat warnanya menjadi putih. 

Selian itu, bakso ini memiliki tekstur lembut dan agak kenyal, biasanya disajikan tanpa mi, hanya diberi taburan daun bawang. 

3. Bakso gepeng

Bakso yang berasal dari Pontianak ini berbentuk pipih, sehingga disebut bakso gepeng. 

Sama seperti bakso ikan kuning, bakso gepeng hanya disajikan dengan kuah kaldu, taburan bawang goreng, dan daun bawang. 

4. Bakso malang

Bakso yang berasal dari Malang ini adalah hidangan bakso yang paling komplet. Terdiri dari bakso sapi, siomay kukus, tahu rebus, dan pangsit kering. 

Ini adalah hidangan bakso yang paling mengenyangkan, karena isiannya terdiri dari berbagai macam makanan. 

5. Bakso solo

Bakso yang berasal dari Solo ini memiliki ciri khas kuah kaldu dengan rasa yang kuat. 

Hal yang membuat bakso ini spesial adalah gak cuma dicampur mi dan bakso, tetapi ditambah irisan tetelan daging yang membuat rasanya semakin nikmat. 

6. Bakso aci

Bakso aci ini adalah jenis bakso yang berasal dari Garut. Hidangan bakso ini berisi bakso aci, tahu, cuanki, sukro cikur, siomay kering, dan dicampur perasan air jeruk nipis, bahkan biasanya ditambah ceker. 

7. Bakso kerikil

Disebut bakso kerikil karena bentuknya kecil. Bakso asal Magelang ini biasanya dihidangkan seperti bakso daging pada umumnya. Dalam satu porsi berisi puluhan bakso.

8. Bakso balungan

Bakso balungan adalah kuliner yang cukup terkenal di Demak. Bakso ini disajikan dengan balungan atau tulang yang masih berbalut daging. 

Sehingga, rasanya lebih gurih dan nikmat. Biasanya dilengkapi pula dengan bahan lainnya seperti bakso daging pada umumnya. 

Nah, itulah beberapa jenis bakso khas Nusantara yang wajib kamu cobain. Apa mungkin ada jenis bakso favoritmu? Semoga bermanfaat.(idn/ri)