Suarakan Soal Penyesuaian BBM, Ratusan Mahasiswa-Buruh Padati Jalan Thamrin

Penampakan ratusan peserta ujuk rasa yang memadati Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat
Penampakan ratusan peserta ujuk rasa yang memadati Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat

Gemapos.ID (Jakarta) - Ratusan peserta ujuk rasa padati Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, guna menyuarakan soal penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada Selasa (13/9/2022).

Unjuk rasa yang tengah menyuarakan soal penyesuaian harga BBM hingga soal upah murah tersebut, menduduki Jalan MH Thamrin sisi Barat yang biasa digunakan oleh kendaraan menuju Utara. Massa datang sekitar pukul 12.00 WIB.

Adapun massa yang mengikuti unjuk rasa ini terdiri dari aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), serta mahasiswa Esa Unggul.

Terlihat massa yang mengenakan pakaian merah corak hitam dengan ikat kepala kuning, terlihat duduk-duduk memenuhi seluruh bagian jalan tersebut, mendengarkan orator yang berorasi di atas dua mobil komando yang dibawa massa.

Tak hanya itu, massa juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Hidup rakyat Indonesia," kata orator.

Sambil berorasi, buruh dan mahasiswa itu duduk untuk menunggu rekannya yang lain sebelum kembali berjalan mendekati kawasan Monas atau Patung Kuda.

Sementara itu, karena adanya ratusan massa yang berkumpul di Jalan MH Thamrin menuju bundaran Patung Kuda, petugas kepolisian telah menutup akses menuju ke Istana Kepresidenan sejak pukul 11.00 WIB.

Kemudian, Polisi juga tampak memasang kawat berduri dan seluruh kendaraan dialihkan melewati jalur lainnya. Bahkan, sejumlah petugas gabungan Polri dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) juga tampak bersiaga di lokasi berkumpul massa dan kawasan Patung Kuda.(ant/ar)