Ini 10 Menu Sarapan Favorit Masyarakat Indonesia, Kamu Paling Suka yang Mana?

Ilustrasi- Nasi goreng (gemapos/istock)
Ilustrasi- Nasi goreng (gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Sarapan adalah waktu yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Selain memberikan energi untuk memulai hari, sarapan juga dianggap sebagai momen penting untuk berkumpul bersama keluarga sebelum memulai aktivitas. Di Indonesia, variasi menu sarapan sangat beragam, terinspirasi dari kekayaan budaya dan rempah-rempah yang melimpah.

Berikut adalah 10 menu sarapan favorit yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia:

1. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan menu sarapan yang sangat populer di Indonesia. Nasi yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis, dan lainnya, biasanya disajikan dengan telur mata sapi di atasnya, irisan mentimun, dan kerupuk sebagai pelengkap.

2. Mie Goreng

Mie goreng adalah alternatif sarapan yang juga sangat digemari. Mie direbus kemudian ditumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan kecap manis. Biasanya disajikan dengan irisan telur dadar, daun bawang, dan kerupuk.

3. Bubur Ayam

Bubur ayam adalah hidangan berupa bubur yang disajikan dengan potongan daging ayam, kerupuk, daun bawang, bawang goreng, serta tambahan koya (bubuk kacang kedelai yang digiling halus). Biasanya disajikan panas dengan kuah kaldu ayam.

4. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti daun pandan, serai, dan kayu manis. Disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, sambal, dan pelengkap lainnya seperti telur dadar dan kerupuk.

5. Ketoprak

Ketoprak adalah hidangan khas Jakarta yang terbuat dari lontong, tahu, taoge, bihun, dicampur dengan bumbu kacang dan kecap manis. Ditambah dengan irisan mentimun dan kerupuk untuk memberikan tekstur yang beragam.

6. Gado-gado

Gado-gado merupakan hidangan salad sayur yang disajikan dengan bumbu kacang. Biasanya terdiri dari campuran sayuran seperti kentang rebus, tahu, tempe, kangkung, taoge, dan timun. Disajikan dengan telur rebus dan kerupuk.

7. Soto

Soto adalah sup khas Indonesia yang berisi irisan daging (ayam, sapi, atau kambing) disajikan dengan kuah kaldu bening yang diberi rempah-rempah seperti serai, jahe, daun bawang, dan bawang goreng. Biasanya disajikan dengan nasi putih, pelengkap seperti telur rebus, sambal, dan kerupuk.

8. Pecel

Pecel adalah hidangan sayur yang disajikan dengan bumbu kacang. Sayuran yang biasanya digunakan antara lain kacang panjang, tauge, kangkung, bayam, dan kemangi. Disajikan dengan lontong atau nasi, serta tambahan kerupuk dan telur rebus.

9. Lontong Sayur

Lontong sayur adalah hidangan berupa lontong yang disajikan dengan kuah santan berisi sayuran seperti nangka muda, labu siam, dan tauge. Biasanya disajikan dengan telur rebus, sambal, dan kerupuk.

10. Bakmi Ayam

Bakmi ayam adalah mi goreng khas Indonesia yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas dan disajikan dengan potongan daging ayam, sayuran seperti sawi, daun bawang, dan irisan bakso. Disajikan dengan kuah kaldu panas di sampingnya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki variasi dan kreasi unik dari menu sarapan ini. Meskipun beragam, satu hal yang pasti, sarapan adalah ritual penting yang tidak hanya memberikan nutrisi, tetapi juga menjadi bagian penting dari budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia.(pu)