7 Makanan Khas Tasikmalaya yang Populer di Kalangan Wisatawan

Satu porsi tumpeng nasi cikur lengkap
Satu porsi tumpeng nasi cikur lengkap

Gemapos.ID (Jakarta) - Tasikmalaya, Jawa Barat punya beberapa makanan khas yang sangat populer di kalangan wisatawan. Penasaran apa saja? Yu, simak berikut ini beberapa makanan khas Tasikmalaya yang paling populer atau sering dicari!

1. Kupat Tahu Tasikmalaya

Makanan ini memiliki perpaduan antara ketupat dengan potongan tahu, irisan toge, dan disiram dengan bumbu kacang khas Tasikmalaya. Karena itu, makanan yang satu ini cocok kamu hidangkan untuk sarapan. Biasanya makanan ini cukup mudah ditemukan di pinggir jalan.

2. Nasi Cikur

Salah satu keunggulan nasi cikur ini memiliki aroma kencur dengan cita rasa nasi pedas serta gurih. Nasi cikur juga memiliki kemiripan dengan nasi goreng hanya saja ada sensasi rasa kencur.

Biasanya untuk satu porsi nasi cikur cukup lengkap tersaji dengan lauk pauk, sambal, dan lalapan.

3. Nasi Tutug Oncom

Makanan yang satu ini cukup populer di Tasikmalaya, nasi tutug oncom ini berbahan dasar nasi biasa lalu dicampur dengan oncom panggang yang dihancurkan.

4. Soto Ayam Pataruman

Satu porsi soto ayam pataruman ini biasanya berisi suwiran daging ayam, ampela, ati, hingga ceker. Soto ini bukan soto yang memiliki kuah bening, melainkan soto yang memiliki kuah santan yang gurih.

5. Kemplang

Banyak tempat makan yang menyajikan kemplang bersama dengan makanan yang berkuah seperti soto dan bakso. 

Makanan ini memilikik tekstur cenderung lebih padat dan memiliki rasa gurih khas kelapa.  Cemilan ini terkenal sebagai kerupuk kemplang.

6. Kelontong

Proses pembuatan makanan ini mirip dengan opak, tapi setelah itu diproses lagi dengan dengan pemanasan agar menjadi kelontong. Jajanan kelontong ini berbahan dasar tepung beras dioleh bersama gula aren, adonan tersebut kemudian dibentuk seperti ibu jari.

7. Cilok Goang

jajanan khas Tasikmalaya ini memiliki rasa yang pedas dengan teksturnya yang kenyal dan gurih. Cilok ini sangat lezat jika ditambah dengan mie kering, ceker ayam dan taburan bawang goreng.

Berbeda dengan cilok pada umumnya, cilok ini memiliki bumbu yang lezat dengan sambal goang yang cukup pedas.

Nah, itulah tujuh makanan khas Tasikmalaya yang paling populer di kalangan wisatawan. Jika kamu berkunjung ke kota satu ini jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan ini ya!(okz/ri)