Yuk, Simak Ini 5 Tips Minum Kopi Tanpa Khawatir Asam Lambung Naik

Ilustrasi: Minuman Kopi
Ilustrasi: Minuman Kopi

Gemapos.ID (Jakarta) - Saat ini banyak orang yang suka meminum kopi. Itu karena minuman ini dianggap mampu meningkatkan energi dan fokus dalam seketika.

Tetapi, minuman kopi tidaklah aman di perut semua orang. Beberapa orang punya lambung yang sensitif yang justru bisa terganggu saat minuman kopi masuk ke dalam tubuh.

Hal tersebut karena kopi bisa memicu produksi asam lambung berlebih dan memicu sakit perut. Komponen seperti kafein dalam kopi menstimulasi keluarnya asam lambung.

Meski demikian, kamu tak perlu khawatir karena ada sederet tips minum kopi yang aman untuk perut sensitif. Penasarapan? Dilansir dari Very Well Health berikut ini lima tips minum kopi yang aman untuk perut sensitif!

1. Minum kopi dengan kadar asam rendah

Beragam kopi tertentu secara alami memiliki kadar asam yang rendah. Perbedaannya bisa karena mereka ditanam di ketinggian yang lebih rendah atau dikeringkan secara berbeda.

Pilihlah biji kopi Arabika yang memiliki tingkat keasaman yang rendah. Kandungan kafein dari kopi Arabika hanya sekitar 1,2 persen dibanding kopi robusta yang kafeinnya mencapai 2,2 persen.

2. Pilih kopi dark roast

Untuk meminimalisir rasa sakit setelah meminum kopi, coba pilih biji kopi dengan level dark roast, atau biji kopi yang melalui proses pemanggangan dalam suhu 225 derajat Celcius.

Kandungan kafein pada berbagai jenis kopi adalah sama, tetapi kepekatan N-MP adalah lebih tinggi dalam panggang gelap atau dark roast dan lebih rendah untuk C5HTs dan CGAs dalam panggang gelap berbanding dengan panggang sederhana. Ini menyebabkan rangsangan asam lambung yang lebih rendah.

3. Tambahkan susu

Menambah susu ke dalam minuman kopi dapat membantu meminimalisir rasa sakit yang timbul setelah meneguknya. 

Pasalnya, susu dapat membantu mengurangi efek kafein pada tubuh saat ditambahkan ke dalam minuman kopi. Sebuah studi menemukan bahwa menambahkan susu ke dalam sajian kopi tidak memicu refluks asam.

4. Pilih varian kopi cold brew

Diketahui bahwa kopi yang diseduh dengan metode cold brew cenderung lebih aman untuk dikonsumsi oleh orang dengan perut yang sensitif. 

Pasalnya, kopi jenis ini mengekstrak lebih sedikit asam klorogenik dibandingkan kopi yang diseduh hanya dengan menggunakan air panas.

5. Pilih yang sesuai untuk Anda

Sensitivitas tubuh seseorang pada kopi merupakan hal yang pribadi. Beberapa orang bisa sangat sensitif terhadap asupan kopi, sementara beberapa yang lainnya baik-baik saja.

Karena itu, cobalah untuk mencoba beberapa jenis kopi dan cara penyajiannya. Cari yang paling cocok untuk lambung Anda.

Nah, itulah tips minum kopi yang aman untuk perut sensitive. Selamat mencoba!(cnn/ra)