33 Jenis Ikan Mas Koki Dan Keunikannya Masing-masing

Ilustrasi  Ikan Mas Koki
Ilustrasi Ikan Mas Koki

Gemapos.ID (Jakarta) - Ikan mas koki adalah salah satu peliharaan hias air tawar yang populer di Indonesia, karena tampilannya yang cantik, lucu dan memiliki perawatan yang terbilang mudah. Sehingga tidak mengherankan kalau banyak orang menjadikannya primadona.

Saat ini sendiri sudah banyak jenis maupun warna beragam yang dapat kita miliki. Apa saja itu?

Yuk, cari tahu jenis Ikan hias yang memiliki tampilan lucu dan menambah keindahan akuarium

1. Ikan Mas koki Ryukin

Ikan mas koki ryukin berasal dari Jepang dan terkenal karena bentuknya yang lucu seperti Koi. Memiliki tubuh yang pendek, dengan pundak serta sirip yang lebar. Masuk dalam golongan ikan langka dan memiliki nama lain Fringetail, Ribbontail Jepang, Veiltail, dan Fantail.

2. Ikan Mas Koki Black Moor

Memiliki ciri khas dengan tekstur halus, berwarna hitam pekat serta mata yang lebih menonjol, membuat hewan ini tetap menawan meskipun berpadu dengan jenis ikan koki lainnya di akuarium.

Lebih dari itu hewan air dengan nama lain Black Telescop ini bisa tumbuh besar hingga 15 centimeter dan mencapai usia dari 6 sampai 25 tahun.

3. Ikan Mas Koki Bubble Eye

Memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan dengan dua balon pada dua bagian sisi pipinya. Namun karena bentuk mata yang seperti inilah membuat hewan ini sensitif terhadap benturan, yang mana dapat menyebabkan infeksi.

Ikan Bubble Eye sendiri hadir dengan aneka warna putih, orange, dan kuning. Serta memiliki panjang dapat mencapai 3-4 inci.

4. Ikan Mas Lionhead

Masuk dalam kategori populer di Nusantara karena ciri khasnya yang unik yaitu buah berry yang ada pada bagian kepalanya, serta tidak memiliki sirip atas. Keunikan ini sendiri muncul akibat adanya perkawinan silang lionheads dan ranchus asal Thailand.

Saat dewasa jenis ikan koki ini  bisa mencapai panjang 10-16 centimeter, dengan varian yang cukup beragam. Namun yang paling populer adalah ikan berwarna kuning pucat dan putih.

5. The White Telescop

Dari namanya ikan mas koki ini sendiri sudah unik bukan? bahkan kita bisa langsung menebak ciri khas ikan hias ini tanpa harus diberikan clue lagi.

Menjadi salah satu hewan air yang populer karena warnanya yang cantik dan mata menonjol. Dengan panjang yang mencapai 5-20 cm loh.

6. Fancy Telescope Goldfish

Memiliki nama lain mata naga atau ikan mas koki mata globe. Nama ini sangat sesuai dengan penampilan matanya yang melotot keluar seperti naga.

Hadir dengan kombinasi warna kuning dan putih yang cantik, serta bentuk yang unik.

7. Ikan Mas Koki Fantail

Merupakan varietas barat dari ikan mas koki Ryukin, yang punya sirip tinggi juga ekor yang empat kali lebih panjang dari tubuhnya.Terkenal karena ekor kipasnya yang mengembang dan masuk dalam golongan primadona di kalangan pecinta ikan hias.

Keunggulan lainnya dari hewan air ini adalah perpaduan warna perak dan kuning yang mendominasi juga kemudahan dalam perawatan maupun perkembangbiakan-nya. Ikan jenis ini memiliki ukuran tubuh dapat mencapai 10 cm hingga 15 cm.

8. Fancy Panda

Pasti ketebak dong kenapa ikan ini diberi nama Fancy Panda? apalagi kalau bukan karena warnanya hitam dan putih yang menempel pada tubuhnya. Berbeda dengan jenis lainnya, ikan ini masuk dalam kategori langka dan dapat dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Ciri khasnya adalah tubuh yang bulat tapi tidak lonjong, dan dapat mencapai panjang hingga 20-30 cm.

9. Fancy and Hardy Japanese Shubunkins

Hewan dengan karakter kuat dan lincah ini memiliki warna corak yang cantik. Memiliki nama lain ikan mas koki brokat merah dan merupakan jenis ikan hias yang berasal dari negeri Sakura. Ikan ini bisa mencapai panjang 3- 20 cm.

10. The Fancy Pearlscale or Chinshurin

Jenis ikan koki berikutnya adalah The Fancy Pearlscale atau Chinshurin yang mempunyai ciri khas pada bagian sisiknya. Memiliki warna kuning, putih, merah bahkan kombinasi ketiganya yang mana membuat ikan ini cantik bak perhiasan di laut. Untuk jenis ini dapat mencapai ukuran 5-7 cm.

11. The Curled-Gill

Berbeda dengan ikan hias lainnya, jenis ini sangat unik karena memiliki bentuk insang yang terbalik atau biasanya disebut sebagai Reversed-Gill Goldfish.

Hewan air yang dapat tumbuh dari 7- 10 cm saat dewasa, mempunyai warna silver yang mencolok sehingga membuat harga ikan mas koki ini cukup tinggi dipasaran.

12. Celestial Goldfish

Salah satu jenis ikan yang unik karena matanya yang menonjol  menghadap atas dan tidak memiliki sirip punggung. Karena hal inilah akhirnya membuat jenis ikan hias ini tidak memiliki penglihatan dan kemampuan berenang yang baik.

13. Ikan Mas Koki Shubunkin

Ikan yang memiliki banyak warna cantik seperti putih, oranye dengan pola hitam yang terdapat pada tubuhnya membuat jenis ini populer.

14. Ikan Mas Koki Oranda

Sekilas terlihat seperti jenis lionhead yang memiliki gumpalan merah pada bagian kepala. Namun jika dilihat lebih dekat, hewan hias ini memiliki ekor yang lebih panjang dan warna putih pekat yang mendominasi.

Karena faktor inilah akhirnya ikan yang bisa tumbuh dari 5- 10 cm ini memiliki banyak penggemarnya.

15. Ikan Mas Mutiara

Memiliki bentuk tubuh yang lucu dan warna unik, membuat ikan mas mutiara cocok menjadi salah satu penghuni akuarium. Belum lagi sisiknya yang bulat seperti perhiasan membuat hewan air satu ini lucu dan menggemaskan.

16. Ikan Mas Koki Ranchu

Jenis ikan koki ini masih tergolong baru di Indonesia. Memiliki ciri khas seperti sisik seperti mutiara dan bentuk tubuh yang agak membungkuk. Serta mampu hidup selama 10 tahun dengan ukuran mencapai 30 cm. Ikan hias dengan jambul di kepalanya ini memiliki tampilan cantik dengan warna yang mencolok.

17. Ikan Mas Koki Komet

Jenis hewan air yang populer berikutnya adalah ikan mas koki komet. Berasal dari wilayah negara bagian Washington pada akhir 1800-an, yang memiliki banyak variasi seperti orange metalik.

Sekilas memang mirip dengan ikan mas pada umumnya namun coba perhatikan lebih dekat, terlihat jelas kalau jenis hewan ini memiliki sirip yang menonjol dan menjuntai panjang yang mana mencapai lebih dari tiga perempat ukuran tubuhnya sendiri.

18. Ikan Koki Butterfly Tail

Memiliki ekor yang sangat cantik layaknya sayap kupu-kupu. Sehingga tidak mengherankan jika memiliki nama lain Butterfly Telescope.

Jenis ini merupakan salah satu jenis ikan terlangka di dunia, dan bisa mencapai panjang tubuh hingga 5 – 7 cm.

19. Ikan Koki Tosakin

Untuk hewan air ini bukan saja cocok untuk menjadi penghias akuarium, tapi juga kontes. Hal ini terjadi karena bentuk siripnya yang cantik dan ekor yang menjuntai indah.

20. Ikan Koki Watonai

Merupakan salah satu ikan dengan warna tubuh keemasan yang mewah karena memiliki bagian tubuh dengan warna kuning keemasan. Tergolong sebagai jenis hewan air yang mewah, dengan bentuk tubuh yang proposional.

21. Ikan Koki Sakura

Sangat cantik dan populer karena memiliki perpaduan warna layaknya bunga sakura. Selain itu bentuknya yang unik juga menjadi penyebab mengapa ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

22. Ikan Koki Calico

Merupakan ikan yang langka, serta memiliki warna yang sangat indah yaitu perpaduan tiga warna orange, putih dan coklat. Selain itu hewan air ini memiliki sirip yang memanjang dan kepala yang kecil.

23. Ikan Koki Wakin

Sekilas ikan ini memiliki tampilan yang lucu, bulat dan memanjang seperti ikan koi. Namun jika diperhatikan lebih dekat keduanya sangat berbeda bahkan dari warna sekalipun.

24. Ikan Koki Choten Gen

Hewan air dengan ekor yang menjuntai dan mata melotot menghadap ke atas, membuatnya semakin unik dan menarik untuk kamu miliki. Dari banyaknya jenis yang ada, ikan ini hanya memiliki satu warna pada tubuhnya.

25. Ikan Mas Koki Meteor

Memiliki bentuk tubuh yang bulat ke bawah tanpa sirip, serta ciri khasnya seperti warna hitam, emas dan perak yang berpadu membuat ikan hias ini memiliki daya tarik tersendiri. Saat dewasa ikan ini bisa mencapai ukuran 5-7 cm.

26. Ikan Mas Koki Ekor Mackerel

Jenis ikan lainnya yang berasal dari Jepang dengan memiliki bentuk dan warna yang sangat unik. Hewan air yang memiliki panjang 5-10 cm ini memiliki bentuk tubuh seperti Ryukin, dan ekor seperti mackerel.

27. Ikan Mas Koki Telur (The Egg-Fish)

Memiliki bentuk tubuh bulat dan tidak memiliki sirip. Dapat tumbuh mencapai hingga 20 cm dengan warna kuning yang mendominasi pada seluruh bagian tubuhnya.

28. Hana Fusa

Dari sekian jenis yang ada ikan mas koki hana fusa memiliki warna yang pucat dan  mirip dengan ikan mas koki ekor kipas. Salah satu yang unik adalah daging yang menumpuk seperti di Raspberry pada bagian lubang hidungnya.

29. Telescope Eye

Serupa tapi tak sama dengan ikan mas koki hitam, karena terdapat perbedaan yang mencolok dengan perpaduan warna putih, hitam dan emas pada bagian tubuhnya.

30. Ikan Mas Koki Jumbo

Merupakan salah satu jenis ikan mas koki terbesar yang pernah ada, bahkan dua kali lipat daripada ikan koki pada umumnya.

31. Ikan Mas Koki Mini

Berbanding terbalik dengan jenis ikan sebelumnya, jenis koki ini mempunyai ukuran mini yang tidak dapat bertumbuh besar.

32. Hama Nishiki Goldfish

Ikan hasil silang antara pearlscale dan oranda, sehingga memiliki bentuk sisik seperti mutiara namun dengan sirip yang lebih panjang, hingga ‘konde’ di kepala.

33. Jikin Goldfish

Hewan air yang berasal dari Jepang dan memiliki keindahan yang luar biasa. Hal ini terlihat dari ekornya yang mengembang seperti ekor merak.

Nah itu dia 33 jenis ikan koki beserta keunikannya masing-masing yang telah berhasil kita rangkum.

Gimana? lucu-lucu bukan. Apa ada yang tertarik mau mengoleksi semua jenisnya untuk menghiasi aquarium di rumah?