Berikut Rekomendasi Tempat Buka Puasa Bersama Murah dan Enak di Jakarta Timur

Rekomendasi Tempat Buka Puasa Bersama Murah dan Enak di Jakarta Timur
Rekomendasi Tempat Buka Puasa Bersama Murah dan Enak di Jakarta Timur

Gemapos.ID (Jakarta) - Buka bersama atau bukber merupakan momen yang ditunggu-tunggu saat ramadhan tiba. Biasanya, bukber menjadi agenda tahunan untuk berkumpul bersama keluarga, sanak saudara dan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu.

Di wilayah Jakarta Timur banyak tempat makan yang bisa menjadi pilihan. Bahkan di ataranya banyak dipilih karena tak hanya menu yang enak, namun juga memiliki spot instagrammable.

Daripada penasaran, Gemapos telah merangkum berikut rekomendasi tempat buka puasa bersama termurah dan terenak di wilayah Jakarta Timur :

1. Kedai Kayumanis

Kedai Kayumanis berada di kawasan Kayu Manis, tepatnya di Jalan Kayu Manis VIII no. 38 Matraman, Jakarta Timur.

Kedai Kayumanis hadir dengan aneka menu cita rasa nusantara, menu kekinian cocok untuk keluarga. selain itu Kedai Kayumanis juga menyuguhkan spot yang cukup instagrammable untuk mengabadikan momen bersama keluarga, rekan, dan juga pasangan.Dilengkapi dengan fasilitas indor dan outdor tentu membuat Kedai Kayumanis menjadi pilihan banyak masyarakat.

Selama bulan Ramadan, kebersamaan keluarga sangat penting untuk meningkatkan keimanan dan kebersamaan antar anggota keluarga. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersamaan keluarga selama Ramadan ialah dengan berbuka puasa bersama.

Kedai Kayumanis menyuguhkan beberapa menu andalan khas nusantara selama bulan ramadhan seperti soto ayam, nasi goreng, mie goreng jawa, gado-gado, sate kacang dan masih banyak lagi.

Harga masakan mulai dari Rp 25.000. Di sini juga terdapat paket buffet. Cocok bagi yang ingin makan dengan rombongan.

Kedai Kayumanis beroperasional mulai dari jam 10.00-22.00 WIB

2. Lesehan Gurame Pemuda

Tempat bukber di Jakarta Timur selanjutnya adalah Lesehan Gurame Pemuda. Sudah ketahuan dari namanya bahwa rumah makan lesehan yang satu ini menyajikan menu spesial ikan gurame. Namun, tentu selain itu ada juga pilihan lain seperti ikan mas, ikan kakap, ikan peda, dan lain sebagainya.

Berlokasi di Jalan Pemuda No 77, Rawamangun, Jakarta Timur, Lesehan Gurame Pemuda buka setiap hari mulai dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Suasananya nyaman dan menyenangkan sehingga cocok sekali untuk dijadikan tempat bukber bersama teman maupun keluarga.

3. Abunawas Restaurant 

Bila tempat bukber sebelumnya menawarkan menu khas Indonesia, Abunawas Restaurant menawarkan menu khas timur tengah untuk berbuka. Rasakan sensasi menggiurkan masakan Arab yang kayak akan rempah spesial saat berbuka puasa bersama di bulan Ramadhan. Ornamen dinding, lampu, dan lain-lain semakin menambah suasana ala Arab.

Berlokasi di Jalan Matraman Raya no 15, Matraman, Jakarta Timur, restoran ini cocok untuk kamu jadikan tempat bukber bersama teman atau keluarga. Menu favorit di restoran ini yaitu daging kambing dan ikan goreng. Kamu bisa mengunjungi Abunawas Restaurant dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

4. Bale Bengong Seafood Resto

Ini dia tempat bukber di Jakarta Timur yang cocok untuk para penggemar seafood, yaitu Bale Bengong Seafood Resto. Tentu, restoran menyajikan berbagai makanan berbahan dasar seafood yang segar dan menggugah selera makan.

Berlokasi di Jalan Angkasa, Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur, kamu bisa mengunjungi restoran mulai dari jam 11 pagi hingga jam 8 malam. Bila berkunjung ke Bale Bengong Seafood Resto, jangan lewatkan menu Gurame Dua Rasa dan Udang Telur Asin yang memang menjadi favorit para pengunjung.

5. De Park

De Park yang berada di Green Terrace TMII ini berkonsep creative space atau creative compound. Sebuah taman yang memiliki beberapa tenant dengan konsep micro-shop yang unik. Sehingga Anda bisa ngabuburit sekaligus kulineran. Tak perlu khawatir dengan terik matahari, karena terpayungi oleh rindangnya pohon.Beberapa tenant kuliner di De Park, antara lain Vilo Gelato, Petite Deli, Espresso & Co, Lyma JKT, Ya Kun Kaya Toast, dan Bruule. Anda bisa memilih salah satu dari tenant tersebut untuk berbuka puasa. Tak perlu tiket masuk untuk ke tempat ini. Siapkan saja kamera untuk berfoto-foto.

6. Kedai Locale

Bistro dengan desain interior kayu klasik yang berpadu harmonis dengan bata exposed ini menjadi tempat buka puasa yang menenangkan. Meski tak terlalu luas tempat ini nyaman, karena memiliki dua area, yaitu indoor dan rooftop. Yang menjadi kekuatan adalah penataan cahaya yang pas, membuat ruangan terasa hangat.Di sini Anda bisa menemukan berbagai makanan khas Indonesia, seperti nasi goreng kencur, ayam bakar kremes, rawon, orek tempe, soto betawi, dan banyak lagi. Anda juga dapat menyeruput kopi Indonesia seperti kopi gayo, mandheling, Arabica Bali, Arabica Timor dan lain-lain. Tempat ini memang cocok untuk pencinta kopi.

7. Teras Rumah Nenek

Tempat ini merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi anak muda. Teras Rumah Nenek menyajikan konsep tempat makan yang mengingatkan pengunjung dengan rumah nenek. Rumah dengan halaman yang luas, lengkap dengan bangku dan meja kayu-kayu tradisional.  Teras Rumah Nenek berada di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Lokasi yang jauh dari pusat keramaian membuat pengunjung nyaman berlama-lama disini. Di sini juga tersedia live music setiap akhir pekan. Menu yang ditawarkan beragam mulai dari aneka mie, roti, aneka pasta, iga bakar hingga masakan modern seperti dorry rice bowl, chicken rice bowl dan masih banyak lagi lainnya. Harganya pun terbilang ramah di kantong karena dihargai mulai dari Rp 20.000 untuk satu porsi aneka olahan mie dan roti.

8. Condet Garden

Condet Garden atau yang biasa disebut Confest Resto berlokasi di Kramat Jati. Restoran yang satu ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin makan sambil bersantai ditemani alunan live music. Bangunannya yang klasik dan tersedia banyak sekali meja makan di dalamnya.

Konsepnya seperti food court. Selain itu terdapat pula area outdoor dengan konsep taman. Menu yang ditawarkan beragam mulai dari fetuccine carbonara, ayam goreng, ayam bakar, aneka roti bakar dan masih banyak lainnya. Harganya pun bekisar Rp 30.000 ke atas. Confest Resto buka dari jam 10.00 - 23.00 WIB.Lokasi ini cukup ramai saat ramadhan seperti ini karena lokasinya yang cukup luas dan strategis.

Itulah beberapa rekomendasi tempat berbuka puasa menurut Gemapos. Gemapos mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1444H.