Sambut HUT ke-76 Bhayangkara, Polres Jakut Gelar Lomba Mancing

Pemenang lomba mancing Galatama
Pemenang lomba mancing Galatama

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara (Polres Jakut) gelar lomba mancing dalam rangka sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara di Pemancingan Galatama Ikan Mas Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara, kemarin (25/6/2022).

Kepala Kepolisian Sektor Metro Penjaringan Komisaris Polisi Ratna Qurratul Aeny selaku ketua panitia acara lomba memancing mengatakan, jumlah peserta yang datang berpartisipasi dari warga sipil maupun anggota Polri melebihi kuota yang disediakan sebanyak 76 nama.

"Itu menyesuaikan dengan usia Kepolisian Republik Indonesia ke-76 pada 1 Juli mendatang, tetapi pesertanya ada 84 nama," kata Ratna di Jakarta, hari ini (26/6/2022).

Selain itu, ia juga mengatakan, di kolam pemancingan PIK tersebut, terdapat berbagai macam jenis ikan salah satu nya adalah ikan mas yang panjang dan memiliki berat sekitar 3-6 kilogram, sedangkan untuk satu ekor ikan mas indukan memiliki berat 7-12 kilogram.

Kemudian, pemenang lomba memancing dalam memperebutkan Piala Kapolres itu ditentukan dengan menangkap indukan ikan dengan bobot terberat.

Hasilnya, lima nama berhak merengkuh hadiah dengan total mencapai Rp137 juta berikut buah tangan seperti alat masak nasi (rice cooker), lemari es, kipas angin hingga satu unit sepeda motor.

Sedangkan untuk jenis umpan galatama yang diijinkan oleh pihak pengelola hanya aci/cendil/sagu dan pellet yang diberikan aroma pancing, biasanya berbentuk wewangian (essence), baik satuan ataupun berupa umpan oplosan galatama yang sudah siap pakai.

Meski demikian, ada beberapa aroma yang dilarang keras yaitu : usar, sereh, dan nilam, jika menggunakan bahan aroma tersebut akan terkena diskualifikasi oleh pihak panitia PIK.

Perlombaan tersebut berlangsung selama tiga jam, selama periode memancing pihak panitia akan mengumumkan hasil perolehan tangkapan ikan para pemancing biasanya setiap jam sekali.

Kemudian, untuk harga tiket galatama di pemancingan PIK antara Rp100 ribu sampai Rp200 ribu per ronde/ tiga jam, sedangkan tiket ekstra antara Rp50 ribu sampai Rp100 ribu.

Adapun lokasi Pemancingan berada di Pantai Indah Kapuk (PIK) yakni di Jalan Pantai Indah Selatan Sektor Timur-Selatan, Jakarta Utara.(ant/pa)