Keren! Stadion Gelora Bung Karno Masuk 10 Stadion Terbaik Didunia, Diatas Santiago Bernabeu

Stadion Gelora Bung Karno (ist)
Stadion Gelora Bung Karno (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam jajaran 10 stadion terbaik di dunia berdasarkan riset yang dirilis oleh ticketgum.

Ticketgum menetapkan sejumlah variabel untuk menentukan pemeringkatan stadion di seluruh dunia. Total ada 140 stadion yang mereka nilai.

Variabel tersebut adalah kapasitas tempat duduk, rata-rata gol tercipta, rata-rata suporter per bulan, review di google, pencarian global terhadap stadion, dan jumlah atensi yang didapat di media sosial.

Dari variabel-variabel tersebut, kemudian didapat hasil bahwa Gelora Bung Karno masuk dalam jajaran 10 besar Stadion Terbaik Dunia. GBK ada di peringkat kedelapan dengan total indeks skor sebesar 72,52.

GBK unggul dari stadion kebanggaan Real Madrid, Santiago Bernabeu. Santiago bernabeu hanya berada di peringkat kesembilan dengan indeks skor 71,91.

Stadion yang menempati posisi tertinggi dalam penilaian ticketgum adalah Mineirao, markas Cruzeiro. Stadion berkapasitas 61.846 penonton itu punya indeks skor di angka 83,40.

Stadion-stadion terkenal lain yang masuk dalam daftar 10 besar adalah Celtic Park, Wembley, Estadio Azreca, dan Old Trafford. Menariknya, ada dua nama stadion di Amerika Serikat yang masuk 10 besar yaitu MetLife Stadium dan Gillette Stadium di posisi keempat dan ke-10.

Sejatinya, SUGBK memang menjadi tempat yang kerap kali dirasakan pemain-pemain top dunia kala bertandang ke Indonesia. Sebut saja skuad Timnas Argentina yang berisikan pemain-pemain terbaik seperti Emiliano Martinez, Alejandro Garnacho, hingga Leandro Paredes yang belum lama ini merasakan rumput SUGBK saat menghadapi Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023 pada Senin, 19 Juni 2023 lalu.

Berikut 10 Stadion Terbaik di Dunia Versi Ticketgum yang Dilansir dari The Sun

1. Mineiro (Brasil)

2. Celtic Park (Skotlandia)

3. Stadion Wembley (Inggris)

4. Metlife Stadium (Amerika Serikat)

5. Estadio Olimpico Universitario (Meksiko)

6. Estadio Azteca (Meksiko)

7. Old Trafford (Inggris)

8. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Indonesia)

9. Santiago Bernabeu (Spanyol)

10. Gillette Stadium (Amerika Serikat)

(da)