Stadion Gelora Bung Karno: Antara Olahraga, Konser, dan Kepentingan Partai



Gemapos.ID (Jakarta) Viral di media sosial (medsos) kondisi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno atau Stadion BGK Jakarta usai peringkatan puncak Bulan Bung Karno yang digelar PDIP, Sabtu (24/6/2023).

Seperti diketahui, puncak Bulan Bung Karno akan dihadiri sekitar 70 ribu massa, yang terdiri dari kader hingga relawan. Acara turut mengundang semua menteri kabinet Indonesia Maju dan para ketua umum partai.

Namun usai peringatan itu, kondisi rumput stadion di pusat kota Jakarta itu rusak parah.

Kondisi itu tergambar dalam video singkat yang diunggah akun Instagram @pengamatsepakbola dan dilansir gemapos, Selasa (27/6/2023).

"Kondisi lapangan GBK saat ini setelah digunakan oleh acara salah satu partai Sabtu lalu," tulis caption unggahan itu.

Tak hanya itu saja, kerusakan parah rumput tersebut membuat duel Persija Jakarta vs PSM Makassar terancam tak bisa digelar.

yahh padahal stadion GBK ini baru saja masuk dalam 10 stadion terbaik di dunia berdasarkan riset yang dirilis oleh ticketgum. bahkan GBK berada diatas Stadion Santiago Bernabeu/ kandang Real Madrid loh.

dan tau ngga Kondisi rumput yang rusak seperti ini bukan pertama kalinya terjadi di Stadion markas Timnas Indonesia itu loh.

masih dengan partai yang sama pada tanggal 13 april 2019 hal serupa juga pernah dilakukan dalam rangka kampanye pasangan calon presiden jokowi-maruf yang dihadiri ratusan ribu relawan dan 500artis tanah air, sedangkan GBK hanya mampu menampung 88rb orang saja. bisa kalian bayangin deh gimana ramenya tuh GBK.

dan usai acara sampah sampai berserakan dimana mana, tak cuma didalam namun sampah plastik dan sisa makanan terpantau di sepanjang trotoar mulai dari FX Sudirman hingga jembatan penyeberangan orang Halte Transjakarta GBK. waw.

dan tak hanya disitu, masih dengan partai yang sama pada tanggal 26 November 2022 GBK kembali digunakan untuk acara partai.

pada saat itu GBK digunakan untuk acara Nusantara Bersatu yang diadakan relawan Jokowi. yaa pada saat Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno, Rakhmadi Afif Kusumo menyebutkan hanya 70% dari kapasitas maksimal atau sekitar 61rb relawan yang hadir.

namu gengs tau ga, usai kegiatan tersebut  sampah yang sudah dibersihkan dan diangkut oleh petugas yang membersihkan di lokasi tersebut seberat 31 ton.

oleh karna itu Dinas Lingkungan (LH) DKI Jakarta mengerahkan 500 orang personil, 28 unit mobil pivk up, 14 unit sweeper, 10 unit truk sampah, dan 10 unit mobil anorganik untuk membersihkan area tersebut. waw.

padahal sebelumnya Menpora Zainudin Amali, menyebutkan GBK tak boleh digunakan untuk kegiatan apapun enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 2023 Timnas Indonesia sampai dilarang tampil di GBK. 

tapi gak cuma sampe disitu geng berselang beberapa bulan lagi lagi GBK digunakan untuk kegiatan diluar olahraga yaitu konser blackpink dan raisa yang mengakibatkan rumput GBK rusak.

Buntut kerusakan itu Ketua Umum PSSI Erick Thohir melarang segala bentuk jenis kegiatan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno . Keputusan ini diambil sebagai bentuk kekecewaan Erick Thohir yang melihat kondisi rumput stadio tersebut yang rusak usai konser Blackpink, pada Sabtu (11/3/2023) lalu.

Kondisi SUGBK yang memprihatinkan membuat tim sepak bola nasional tidak bisa bermain di stadion tersebut dalam laga FIFA Match Day.

Timnas Indonesia harus harus mengungsi ke Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada saat pertandingan kontra Burundi.

Atas kejadian itu FIFA mengirimkan surat ke PSSI untuk melarang kegiatan apapun di stadion bung karno mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah piala dunia U20 pada saat itu.

Terbaru rumput GBK rusak parah usai digunakan oleh salah satu partai sebagai venue memperingati bulan bung karno. tau gak si gengs biaya yang harus dikeluakan untuk memperbaiki rumput yang rusak karna kegiatran tersebut.?

Perlu diketahui, rumput Stadion GBK pernah beberapa kali mendapatkan perbaikan ringan hingga berat.

Untuk perbaikan berat sebagaimana yang dilakukan jelang Piala AFF tahun lalu, dikabarkan menyedot anggaran hingga Rp 5-10 miliar.

Sementara untuk perawatan rutin dan ringan, setidaknya membutuhkan Rp 15 juta per bulannya.

Namun jika melihat kondisi rumput Stadion GBK yang beredar di lini masa maka butuh waktu dana biaya lumayan besar guna memperbaikinya.wah ini si parah.

jadi gimana sobat gemapos, setuju ga jika GBk digunakan untuk konser dan kampanye? tulis kolom komentar ya