Persebaya dan Persija Disanksi Rp25 Juta Imbas Bonek Away ke GBK

persija vs persebaya (foto: persija)
persija vs persebaya (foto: persija)


Gemapos.ID (Jakarta) Persebaya Surabaya dijatuhi sanksi karena suporter mereka menghadiri laga tandang lawan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Berdasarkan hasil sidang Komite Disiplin pada Kamis (3/8), Persebaya didenda Rp25 juta karena ulah suporter mereka nekat hadir di GBK.

Sanksi tersebut dijatuhkan Komdis PSSI karena suporter Persib telah melanggar aturan larangan fan tamu hadir di pertandingan tandang.

"Jenis Pelanggaran: adanya suporter Persebaya Surabaya sebagai suporter klub tamu yang hadir dalam pertandingan. Hukuman sanksi denda Rp25 juta," demikian bunyi Hasil Sidang Komdis PSSI yang dirilis di situs PSSI, Kamis (3/8).

Ini menjadi hukuman ketiga Persebaya karena kasus serupa. Sebelumnya, Bonek -julukan suporter Persebaya- juga menghadiri laga away saat Persebaya melawat ke markas Persis Solo dan PSIS Semarang.

Tak hanya Persebaya yang terkena sanksi denda, Persija selaku tuan rumah juga kena getahnya. Panitia pelaksana pertandingan Persija dianggap lalai melaksanakan tugasnya.

Panpel Persija juga didenda Rp25 juta karena dianggap gagal mengantisipasi kehadiran suporter Persebaya sebagai suporter klub tamu di GBK. Duel kedua tim diakhiri dengan kemenangan Persija 1-0.

Hal serupa juga diderita Persib Bandung dan Persik Kediri. Persib juga didenda Rp25 juta karena Bobotoh kedapatan away ke markas Persik.

Setali tiga uang, Panpel Persik pun dijatuhi sanksi denda Rp25 juta karena dianggap lalai mengantisipasi kehadiran suporter tamu ke stadion.(da)