Beri 'Tamparan' Keras untuk PSSI, Suporter Persik Kediri Patungan Bayar Denda dari Komdis

Supporter Persik Kediri (foto: persikmania)
Supporter Persik Kediri (foto: persikmania)


Gemapos.ID (Jakarta) Aliansi Suporter Persik Kediri seperti memberi tamparan keras untuk PSSI. Seperti beberapa kelompok suporter lain, fans Persik juga patungan untuk membayar sanksi dari Komdis PSSI soal larangan suporter tandang di BRI Liga 1 2023/2024.

Setelah Bonek menggalang dana untuk membayar denda yang ditimpakan Komdis PSSI kepada Persebaya, berikutnya giliran Aliansi Suporter Persik melakukan aksi serupa. Fans Persija juga melakukan aksi yang sama.

 

Pengumpulan donasi tersebut guna melunasi denda Persik Kediri sebesar 25 juta. Sanksi finansial ini sebagai imbas kehadiran ratusan fans tanpa atribut yang mendukung Persib pada laga tandang melawan Persik pekan kelima lalu di Kediri.

"Sepak bola adalah kesenangan. Sepak bola adalah kebahagiaan. Semua itu musnah karena regulasi dari Federasi yang tak tentu arah. Ayo Nda...Persikmania di manapun berada, kita bersama menggalang dana untuk menutup hukuman denda yang diterima @persikfcofficial dari @pssi," tulis akun Instagram resmi komunitas Persikmania itu.

Kritik Pedas untuk PSSI

Ketua Aliansi Suporter Persik, Bagus Hutomo, menyatakan donasi itu sebagai bentuk aksi positif serta kepedulian terhadap tim kebanggaan.

"Positif karena kami ingin membantu tim untuk membayar denda dan sebagai bentuk penolakan kebijakan dari PSSI yang dinilai kurang tepat," kata Bagus Hutomo.

Bagus menjelaskan kebijakan PSSI soal denda atas kehadiran suporter tamu tanpa atribut tak punya dasar hukum kuat.

"Selain tidak mempunyai dasar hukum kuat, pembuat kebijakan tersebut juga tidak dapat menunjukkan hitam di atas putihnya. Kebijakan dari ucapan lisan ini kurang kuat untuk diterapkan," tuturnya.

Sebelumnya, suporter Persebaya Surabaya, Bonek, berhasil menghimpun donasi untuk membantu manajemen Persebaya Surabaya. Mereka telah mengumpulkan dana sebesar Rp25.192.700 demi membantu klub Bajul Ijo.

Penyerahan dana hasil donasi itu dilakukan oleh Bonek saat jeda turun minum laga Persebaya kontra RANS Nusantara dalam pekan keempat BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (23/7/2023) sore.

Tampak hadir tiga tokoh Bonek menyerahkan dana secara simbolis kepada Direktur Persebaya, Candra Wahyudi. Tiga pentolan Bonek itu adalah Husin Ghozali (Green Nord), Sinyo Devara (Tribun Kidul), dan Erik Wicaksono (Gate 21).

"Bagi kami, ini merupakan wujud kekompakan Bonek untuk membantu Persebaya. Komdis PSSI terlalu semena-mena dalam memberlakukan sanksi," kata Husin Ghozali.(da)