Berikut Hasil Sidang Komdis PSSI Pekan Ke-3 BRI Liga 1

Berikut Hasil Sidang Komdis PSSI Pekan Ke-3 BRI Liga 1 (foto: PSSI)
Berikut Hasil Sidang Komdis PSSI Pekan Ke-3 BRI Liga 1 (foto: PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Komite Disiplin (Komdis) PSSI telah merilis daftar sanksi yang dijatuhkan kepada klub dan pemain pada BRI Liga 1 2023-2024 pekan ketiga. Berdasarkan hasil sidang, ada lima sanksi yang dijatuhkan Komdis kepada empat pemain dan satu tim.

Dilansir dari laman PSSI, hasil sidang Komdis ini diumumkan pada Rabu, 19 Juli 2023. Sidang diketahui digelar pada Selasa. 18 Juli 2023.

Salah satu di antaranya sanksi tersebut diberikan kepada gelandang bertahan Dewa United, Asep Berlian. Dia dijatuhi sanksi larangan bermain karena melakukan tekel horor kepada gelandang Persib Bandung, Rachmat Irianto.

Insiden tekel horor itu terjadi saat laga Persib Bandung vs Dewa United di BRI Liga 1 pekan ketiga Jumat, 14 Juli 2023. Tekel keras yang dilakukan pemain bernomor punggung 4 itu luput dari perhatian wasit sehingga bebas dari kartu kuning ataupun merah.

Komdis PSSI menjatuhkan hukuman larangan bermain sebanyak tiga kali kepada Asep Berlian. Selain itu, ia juga dijatuhi sanksi denda sebesar Rp10 juta.

Selain Asep, ada empat sanksi lain yang diputuskan Komdis PSSI pada pekan ketiga BRI Liga 1 2023-2024 yang digelar pada 14-16 Juli 2023, berikut daftarnya.

Hasil sidang Komdis PSSI 18 Juli 2023

1. Asep Berlian (Dewa United FC)

- Jenis Pelanggaran: melakukan tekel keras kepada pemain lawan dan luput dari perhatian perangkat pertandingan.

- Hukuman: tambahan larangan bermain sebanyak 3 pertandingan sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat; sanksi denda Rp10.000.000

2. Jan Olde Riekerink (Pelatih Dewa United FC)

- Jenis Pelanggaran: tidak memakai ID Card selama pertandingan berlangsung dan mengabaikan peringatan dari pengawas pertandingan

- Hukuman: Teguran Keras

3. Muhammad Tahir (Madura United FC)

 

- Jenis Pelanggaran: menyikut pemain lawan serta mendapatkan kartu merah langsung

- Hukuman: tambahan larangan bermain sebanyak 2 pertandingan sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat; sanksi denda Rp10.000.000

4. Bali United FC

- Jenis Pelanggaran: dalam pertandingan tersebut ada 5 orang pemain mendapatkan kartu kuning.

- Hukuman: sanksi denda Rp50.000.000

5. Try Hamdani Goentara (Rans Nusantara FC)

- Jenis Pelanggaran: menendang pemain lawan serta mendapatkan kartu merah langsung

- Hukuman: tambahan larangan bermain sebanyak 2 pertandingan sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat; sanksi denda Rp10.000.000 (da)