Resep Sup Bola Ayam Sayuran, Menu Andalan di Akhir Pekanmu

Ilustrasi: Hidangan sup bola ayam sayuran
Ilustrasi: Hidangan sup bola ayam sayuran

Gemapos.ID (Jakarta) - Bingung mau masak apa di akhir pekan ini? Tenang aja, kamu bisa coba masak resep sup bola ayam sayuran ini. Seperti yang kita ketahui, cuaca yang tak menentu serta kebutuhan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit sangatlah membutuhkan asupan makanan penuh gizi.

Karena itu, kamu bisa penuhi kebutuhan tubuhmu salah satunya dengan hidangan sup yang dibuat dari daging ayam giling ini. Penasarankan? Sebelum memulai resepnya kamu bisa simak beberapa tips menarik agar memudahkanmu dalam membuat hidangan sup.

1. Siapkan kaldu untuk beberapa kali proses memasak

Hal ini akan jauh menghemat proses memasak di dapur. Caranya adalah meracik kaldu dari tulang atau tulang dengan sedikit daging dari ayam, daging, atau ikan dan kulit udang untuk kaldu seafood. 

Racik dalam jumlah besar atau untuk beberapa kali proses memasak. Bagi ke dalam beberapa wadah, lalu bekukan dalam freezer. Saat akan memasak, kamu sudah punya kaldu yang siap pakai.

2. Buat bumbu untuk beberapa jenis sup atau soto

Punya kaldu dasar bukan berarti hanya digunakan untuk memasak sup saja. Dari kaldu yang sama, kamu bisa menggunakannya untuk meracik sup atau soto. Caranya adalah tumis bumbu sup atau soto, lalu masukkan ke dalam kaldu. Kaldu siap dijadikan kuah soto atau sup dengan tambahan sayuran dan daging.

3. Buat sayuran beku untuk isian sup

Ini sangat membantu kamu di saat darurat harus menyiapkan makanan namun belum sempat belanja. Biasakan untuk menyediakan sayuran beku dalam freezer agar makanan sehat rumahan tetap tersedia. 

Blansir atau rebus wortel, buncis, kembang kol, atau brokoli dalam air mendidih hingga hampir matang. Masukkan ke dalam air es, tiriskan. Lalu simpan dalam wadah tertutup. Mudah, kan?

Nah, itulah tips penting yang dapat mempermudah kamu dalam memasak hidangan jenis sup. Sekarang mari kita simak resep sup bola ayam sayuran berikut ini!

Bahan-bahan

Cara membuat

  1. Bola-bola ayam: Siapkan mangkuk besar, masukkan daging ayam, ebi, putih telur, tepung tapioka, garam dan merica putih bubuk.
  2. Ambil 2 sdt adonan, bulatkan. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  3. Panaskan 2 sdm minyak di dalam panci. Tumis bawang putih hingga harum.
  4. Masukkan air dan Royco Kaldu Ayam, didihkan. Tambahkan sawi, masak hingga layu.
  5. Tuangkan telur perlahan sambil diaduk hingga berserabut. Masukkan bola ayam, didihkan.
  6. Sajikan hangat bersama nasi putih.

Itulah resep sup bola ayam sayuran yang cocok banget jadi menu di akhir pekanmu. Selamat mencoba!(mhi/ri)