7 Tips Membeli Mobil Baru yang Perlu Kamu Ketahui

Tips membeli mobil baru. (sumber: dream.co.id)
Tips membeli mobil baru. (sumber: dream.co.id)

Gemapos.ID (Jakarta)Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang banyak dibutuhkan saat ini. Jika Anda adalah tipe orang yang banyak bepergian dan butuh alat transportasi yang nyaman, maka mobil akan jadi pilihan tepat. Namun, pastikan Anda tidak salah beli dan menerapkan cara memilih mobil yang tepat.

Dari sekian banyak tipe mobil yang beredar di pasaran saat ini, tentu Anda harus memilih produk mobil yang paling pas sesuai kebutuhan.

Jangan Salah Pilih! Begini Tips Membeli Mobil Pertama

Bagi Anda yang belum pernah memiliki mobil sebelumnya, pembelian mobil pertama harus dilakukan dengan cermat. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena salah beli mobil. Berikut adalah 7 tips membeli mobil pertama yang bisa Anda terapkan.

1. Tentukan Budget Pembelian Mobil

Tips pertama, tentukan dahulu berapa banyak budget pembelian mobil Anda. Perlu diketahui bahwa harga mobil saat ini sangat bervariasi dan Anda sebaiknya menentukan dulu berapa budget-nya. Ini akan mempermudah Anda dalam memilih mana tipe mobil yang harus dibeli sesuai dengan kemampuan finansial pribadi.

Jangan pernah terbawa tren saat ingin membeli benda yang sekiranya berharga mahal seperti mobil. Ikut arus tren tanpa mempertimbangkan kemampuan pribadi hanya akan membuat Anda kesusahan sendiri. Sebaiknya belilah mobil sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan budget saja. Ini jauh lebih efektif dan menjauhkan Anda dari sifat impulsif.

2. Pahami Kebutuhan Pemakaian

Selanjutnya, pahami dulu kebutuhan pemakaian mobil tersebut. Beda kebutuhan maka beda juga tipe mobil yang sebaiknya dibeli. Misalnya, Anda belum menikah dan butuh mobil untuk transportasi sendiri. Maka lebih disarankan untuk memilih tipe mobil seperti city car yang tidak memiliki terlalu banyak muatan.

Lain halnya jika mobil dibutuhkan untuk pemakaian keluarga. Jumlah anggota keluarga juga perlu diperhatikan agar mobil tersebut bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna secara optimal.

Hal ini sebenarnya menjadi prinsip memilih mobil untuk pemula yang sangat mendasar. Bayangkan saja, Anda pasti akan menyesal jika salah membeli mobil karena tidak bisa memenuhi kebutuhan pemakaian dengan baik.

3. Cek Spesifikasi Mobil

Penting sekali untuk mengecek spesifikasi mobil sebelum melakukan pembelian. Setiap tipe mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Jadi pastikan untuk memeriksanya satu per satu sebelum transaksi dilakukan. Jangan sampai spesifikasi mobil ternyata tidak bisa memenuhi kebutuhan atau ekspektasi Anda sebagai pengguna.

Dalam hal ini, pemula mungkin akan kesulitan untuk memahami spesifikasi mobil. Tak masalah, sekarang ada banyak sumber informasi yang bisa membantu Anda untuk memeriksa spesifikasi sebuah mobil. Misalnya saja dari video YouTube, artikel di internet, atau bisa juga bertanya langsung pada orang yang berpengalaman di bidang otomotif.

4. Pertimbangkan Biaya Perawatan

Anda harus memikirkan biaya perawatan sebuah mobil sebelum mantap membelinya. Ini penting karena akan berpengaruh pada kemudahan pemakaian di masa depan. Pastikan mobil yang dibeli memiliki metode perawatan yang tidak rumit, spare part-nya mudah dicari, dan biaya perawatannya juga tidak terlalu besar. Ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman saat menggunakan mobil.

5.  Cek Ketersediaan Bengkel Resmi

Cara memilih mobil yang tepat berikutnya adalah dengan memeriksa ketersediaan bengkel resmi. Pastikan mobil Anda mudah mendapatkan fasilitas atau layanan bengkel resmi dimanapun berada. Ini akan membantu langkah perawatan mobil berjalan lebih mudah jadi Anda tidak akan merasa kesulitan jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada performa mobil.

6.  Perhatikan Harga Jual Kembali

Jangan lupa, pertimbangkan juga harga jual kembali mobil yang akan Anda beli. Jangan hanya memikirkan saat ini tapi pikirkan juga masa depan. Jika sewaktu-waktu Anda ingin mengganti mobil dan harus menjualnya terlebih dahulu, maka pastikan Anda tidak rugi terlalu besar. Cobalah mencari referensi dari platform jual beli mobil bekas untuk mencari tahu berapa harga jual kembali tipe mobil yang Anda inginkan di pasaran.

7. Pertimbangkan Mobil Baru

Sebaiknya pertimbangkan dulu mobil yang akan dibeli, baru atau bekas. Jauh lebih disarankan untuk membeli mobil baru jika memang dana memadai. Mobil baru bisa lebih mempermudah Anda terutama dari segi perawatan. Selain itu mobil baru juga akan memberikan pengalaman yang optimal bagi Anda yang masih pemula.

Salah satu tips membeli mobil baru adalah beli di tempat yang tepat. Pastikan untuk membeli mobil baru di tempat yang memang kredibel dan terpercaya. Perhatikan juga layanan after sales-nya dan pastikan sesuai kebutuhan Anda.

Beli Mobil Aman di Blibli

Dari sekian banyak tipe mobil yang cocok untuk pemula, Wuling EV bisa jadi sebuah pilihan tepat. Tipe mobil ini cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Baik untuk keperluan keluarga, kantor, maupun pemakaian pribadi. Desainnya bagus dan performanya juga sangat bisa diandalkan. Menariknya lagi, tipe mobil ini bisa Anda beli lewat platform e-commerce Blibli.

Salah satu cara membeli mobil baru agar tidak tertipu adalah dengan memilih platform yang aman. Seperti Blibli yang menyediakan layanan pembelian mobil mudah, tanpa ribet, dan dijamin orisinal. Selain itu, Anda juga bisa menghemat uang lebih banyak karena Blibli menawarkan harga mobil Wuling EV ini di angka terbaik. Langsung saja cek berapa penawaran harga mobil tipe ini di platform Blibli.

Pastikan untuk menerapkan cara memilih mobil yang tepat agar tidak tertipu atau salah pilih. Pembelian mobil Wuling EV melalui Blibli akan menjadi pilihan tepat bagi Anda sebagai pemula. Mobilnya nyaman, cocok untuk berbagai kebutuhan pemakaian, dan platform pembeliannya juga aman sehingga akan memberi kepuasaan bagi Anda. (rk/rls)