Prodi Jurusan Kuliah Termurah dengan Prospek Kerja Luas di Indonesia

Prodi Jurusan Kuliah Termurah dengan Prospek Kerja Luas di Indonesia
Prodi Jurusan Kuliah Termurah dengan Prospek Kerja Luas di Indonesia

Gemapos.ID (Jakarta) - Tidak semua orang mampu melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, terlebih bagi beberapa kalangan yang terhimpit biaya. Namun hal ini jangan menjadi alasan untuk tidak menimba ilmu karena kini sudah banyak jurusan kuliah murah yang ada di Indonesia.

Meskipun memiliki biaya yang terbilang rendah, tetapi beberapa jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Penasaran apa saja daftar program studi termurah dengan prospek kerja luas di Indonesia? Langsung saja ketahui jawabannya di bawah ini.

5 Daftar Jurusan Kuliah Murah di Indonesia

Agar bisa lulus S1 tanpa hambatan, sebaiknya Anda memilih jurusan dengan biaya yang rendah. Pasalnya keuangan merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang kelulusan Anda di perguruan tinggi.

Adapun berikut ini merupakan 5 rekomendasi jurusan kuliah murah yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Ilmu Sejarah

Bagi yang Anda yang menyukai peninggalan di masa lalu, jurusan Ilmu Sejarah sangat cocok untuk ditempuh. Bahkan biaya per semesternya mulai dari 500 ribu rupiah hingga 8 juta saja. Nantinya Anda bisa bekerja sebagai guru sejarah atau sebagai peneliti peninggalan purbakala.

2. Ilmu Perpustakaan

Tidak jauh dari Ilmu Sejarah, biaya pendidikan Ilmu Perpustakaan tidak lebih dari 7 juta rupiah untuk satu semester. Biaya ini terbilang murah jika dibandingkan dengan jurusan di soshum lainnya, apalagi Anda memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan beasiswa.

3. Teknik Pengairan

Meskipun biasanya jurusan teknik termasuk ke dalam prodi dengan biaya termahal, tetapi hal ini tidak sejalan dengan jurusan Teknik Pengairan. Pasalnya untuk satu semester jurusan ini hanya mematok biaya antara 500 sampai 7 juta rupiah.

4. Teknik Industri Pertanian

Jurusan Teknik Industri Pertanian juga tidak kalah murahnya dari beberapa prodi di atas. Anda bisa mencoba mendaftar ke Universitas Brawijaya yang sudah terkenal sebagai salah satu kampus bergengsi di Indonesia. Biaya untuk masuk kesini pun terbilang murah sekitar 500 ribu sampai 5,3 juta rupiah.

5. Akuntansi

Salah satu jurusan kuliah termurah yang ada di Indonesia selanjutnya adalah Akuntansi. Untuk masuk ke jurusan di bidang ekonomi ini hanya memerlukan biaya sekitar 500 ribu hingga 1,3 juta per semester. Lulusan prodi Akuntansi dapat bekerja di bank yang tentunya menghasilkan gaji tinggi.

Nah dari kelima rekomendasi jurusan kuliah paling terjangkau yang ada di Indonesia tersebut, manakah yang Anda minati?

Jika Anda sedang terhalang finansial tetapi ingin tetap melanjutkan pendidikan, kini Anda dapat mengajukan pinjaman online di Tunaiku. Sebagai aplikasi pinjaman terbaik, Tunaiku akan membantu Anda menempuh pendidikan S1 sampai lulus tanpa perlu takut drop out di tengah jalan.

Pasalnya Tunaiku hadir dengan memberikan pinjaman mulai dari 2 juta sampai 20 juta yang tentunya mampu memenuhi kebutuhan Anda selama 8 semester. Masa pinjaman pun cukup panjang yaitu antara 6 bulan sampai 20 bulan.

Untuk mendapatkan pinjaman di Tunaiku, Anda hanya perlu menyiapkan KTP saja dan tidak perlu menggunakan agunan sebagai jaminan.

Induk dari Tunaiku adalah PT Bank Amar Indonesia Tbk. telah terdaftar dan mengantongi izin usaha dari OJK sejak tahun 2014 sebagai bank konvensional. Sedangkan Tunaiku sendiri telah meraih sertifikasi ISO 27001 sehingga terjamin sebagai aplikasi aman.

Oleh karena itu, sekarang adalah giliran Anda menjadi bagian dari 4,6 juta pengguna untuk mendapatkan dana pinjaman guna melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi bersama Tunaiku sebagai aplikasi pinjaman online terbaik. Bagaimana menurut Anda? [RA]