Meski Rutin Olahraga, Berat Badan Tetap Naik? Ini Penyebabnya

Ilustrasi: Makan setelah berolahraga
Ilustrasi: Makan setelah berolahraga

Gemapos.ID (Jakarta) - Olahraga merupakan salah satu cara sehat dalam proses penurunan berat badan. Tetapi, tidak jarang berat badan justru naik meski telah rutin berolahraga?

Ada banyak penyebab berat badan naik meski rutin berolahraga.

Sebuah riset menunjukkan bahwa memang ada orang-orang yang bisa menurunkan berat badan hanya dengan berolahraga. Namun, pada beberapa orang lainnya, olahraga saja tidak cukup.

Penurunan berat badan memang bersifat multifaktor. Berikut beberapa penyebab berat badan naik meski rutin berolahraga.

1. Terlalu banyak makan

Prinsip menurunkan berat badan adalah lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan. Artinya, pembakaran kalori harus lebih banyak daripada jumlah kalori yang masuk.

Namun, harus diakui, nafsu makan bisa seketika meningkat saat selesai berolahraga.

"Saat Anda mulai berolahraga, tubuh Anda mulai membakar lebih banyak kalori. Dan ketika Anda membakar lebih banyak kalori, tubuh Anda secara alami ingin mengimbanginya dengan makan lebih banyak kalori untuk menebus apa yang Anda bakar," jelas Torey Armul, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengutip dari Prevention.

Dia menyarankan untuk melacak seberapa banyak kalori yang terbakar dan jumlah kalori asupan makanan selama 1-2 minggu. Dari catatan ini, Anda bisa mengevaluasi menu olahraga dan asupan makanan.

2. Pilihan makanan sebelum atau sesudah olahraga yang kurang tepat

Saat nafsu makan meningkat, Anda justru memilih camilan berkalori tinggi seperti kue, keripik, maupun biskuit. Rasa lapar Anda memang berkurang, tetapi angka timbangan bertambah.

Sebaiknya pilih camilan sehat seperti sayuran dengan hummus, buah potong, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak atau lemak sehat seperti alpukat.

3. Metabolisme melambat

Ahli diet, Trista Best mengatakan, kenaikan berat badan bisa terjadi akibat metabolisme yang melambat. Metabolisme bisa melambat karena pembatasan kalori atau kelelahan adrenal.

"Untuk membantu mengatasi hal ini, Anda dapat mempertimbangkan menambah makanan dengan peluang lebih besar untuk meningkatkan metabolisme Anda," kata Best, mengutip dari Eat This, Not That!.

Pilih makanan yang mampu menaikkan suhu internal tubuh sehingga metabolisme meningkat. Suhu internal tubuh naik ketika mencerna atau membakar kalori makanan.

Makanan yang disarankan antara lain susu, ikan, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan.

4. Terlalu banyak asupan protein atau karbohidrat

Cukupi kebutuhan asupan protein dan karbohidrat sesuai asupan harian yang disarankan.

"Orang suka membicarakan protein karena itu penting. Tapi, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak protein, Anda akan menaikkan berat badan karena akan ada kalori ekstra masuk," ujar Armul.

5. Kurang asupan cairan

Olahraga membuat tubuh mengeluarkan keringat sehingga tubuh memerlukan cairan pengganti.

Kekurangan cairan ini memicu rasa haus yang kerap dianggap sebagai rasa lapar.

Sebaiknya, targetkan asupan cairan harian paling tidak 1,5-2 liter per hari.

6. Cuma bergerak saat olahraga

Anda memang rajin berolahraga. Namun, tubuh diajak bergerak hanya saat olahraga.

Nah, itulah enam penyebab mengapa berat badan tetap naik meskipun sudah berolahraga. Semoga bermanfaat!(cnn/ra)