Praktis dan Mudah, Jenis Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Ilustrasi-Berenang santai. (foto:gemapos/pixabay)
Ilustrasi-Berenang santai. (foto:gemapos/pixabay)

Gemapos.ID (Jakarta) - Memilki Tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang. Banyak cara yang dilakukan agar memperoleh tubuh dan berat badan yang ideal, seperti olahraga, minum ramuan herbal hingga diet. 

Seringkali ada orang yang menjalankan diet ekstrim agar semakin cepat memperoleh berat badan dan tubuh yang ideal. Namun, diet ekstrim tidak akan membuat tubuh anda langsung ideal malah akan  membuat tubuh anda tersiksa bahkan terserang penyakit.

Menurut artikel yang dilansir dalam Halodoc,  dibawah ini merupakan jenis olahraga aerobik yang mudah dan praktis dilakukan untuk menurunkan berat badan :

1. Berenang

Olahraga adalah jenis olahraga aerobik yang direkomendasikan untuk anda yang memiliki masalah sendi dan mengalami cedera.

Meskipun berenang tidak membuat tubuh anda mengeluarkan keringat, namun kalori yang dibakar oleh tubuh saat melakukan olehraga ini cukup besar bahkan lebih besar dari pada saat kamu melakukan olahraga sepeda.

Kamu dapat melakukan renang dengan gaya apapun, misalnya gaya kupu-kupu. Jika anda melakukan renang selama kurang lebih 30 menit, maka kalori yang berhasil anda bakar adalah 409 kkal.

2. Bersepeda

Rekomendasi olahraga lainnya yaitu bersepeda.  Jenis olahraga ini cukup poluper dikalangan masyarakat Indonesia. Olahraga bersepeda bisa dilakukan di mana saja, tidak perlu keluar rumah untuk melakukan olahraga ini yaitu dengan menggunakan sepeda statis. Bersepeda di dalam rumah selama 30 menit maka kalori yang berhasil kamu bakar yaitu adalah 250 sampai 280 kkal.  Sedangkan jika bersepeda di luar ruangan dengan durasi yang sama maka kalori yang berhasil dibakar di dalam tubuh  adalah 280 sampai 360 kkal.

3. Senam

Senam aerobik menuntut tubuh anda untuk bergerak lebih cepat. Aktivitas ini dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sehingga jantung memompa darah menjadi lebih optimal. Senam aerobik merupakan senam yang dapat menurunkan berat badan dilansir dari studi dalam jurnal Obesity.  Melakukan senam aerobic selama 5 hari dalam seminggu selama kurun waktu 10 bukan maka, berat badan kamu akan turun sebanyak 400 sampai 600 kalori.

4. Jogging

Joging atau lari pelan yang dapat membakar kalori tubuh sebanyak 300 sampai 700 kkal hanya dalam waktu 30 menit. Namun, ini bergantung pada kecepatan dan intensitasnya. Sama halnya seperti jalan kaki, kamu harus melakukannya secara rutin setiap hari agar kamu dapat merasakan perubahannya.

Adapun tips dan cara untuk melakukan aerobik dengan baik yaitu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga aerobik, lakukan olahraga sesuai dengan kondisi tubuh kamu, tidak boleh memaksakan diri agar tidak menimbulkan cedera, lakukan secara rutin agar hasilnya lebih terasa pada tubuh kamu, perbanyak konsumsi air putih dan jangan biarkan tubuh anda mengalami dehidrasi. (kt)