Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ilustrasi-Olahraga Bulutangkis (Foto: Gemapos/pixabay)
Ilustrasi-Olahraga Bulutangkis (Foto: Gemapos/pixabay)

Gemapos.ID (Jakarta) - Olahraga bulutangkis merupakan suatu olahraga yang menggunakan raket dan kok, dimainkan oleh perseorangan (single) atau dua pasangan (ganda) yang saling berlawanan.

Jenis olahraga tersebut salah satu olahraga yang banyak diminati oleh orang – orang, karena bulutangkis mudah untuk dipelajari. Bermainnya bisa di halaman rumah atau lapangan olahraga terdekat.

Olahraga ini juga dapat memberikan sejumlah kesehatan secara fisik, seperti memperkuat otot, mempertajam refleks, hingga bisa untuk menurunkan berat badan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, bulu tangkis juga bermanfaat untuk kesehatan mental karena dapat membangun ikatan sosial antara pemain.

Menurut artikel yang dilansir halodoc, jika anda rutin melakukan jenis olahraga ini, berikut beberapa manfaatnya:

1.  Baik untuk Kebugaran Fisik

Bisa memungkinkan membakar hinga 450 kalori per jam. Sebab, dengan olahraga ini menuntut anda untuk berlari, menerjang, dan memukul bola.

2. Memiliki Manfaat Psikologis

Olahraga ini juga dapat meningkatkan kebugaran fisik anda, sehingga dapat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Selain itu, olahraga tersebut juga bisa meningkatkan endorfin atau neurotransmitter perasaan nyaman pada otak dan mampu meningkatkan suasana hati dan tidur.

3. Memperkuat Otot

Olahraga ini juga dapat membangun hingga mengencangkan paha depan, bokong, betis, dan paha belakang.

Selain itu, otot lengan, otot inti, dan punggung juga ikut bergerak.

4. Kesehatan Sosial

Karena interaksi sosial dari permainan olahraga ini dapat menghasilkan perasaan positif setelah bermain. Kamu juga bisa melakukan kapan saja untuk jenis olahraga yang satu ini.

Karena, olahraga ini dilakukan di dalam ruangan. Kalau turun hujan pun anda tetap bisa bermain dan akan tetap kering.

5. Memperkuat Fleksibilitas dan Otot

Selain memperkuat fleksibilitas tubuh, anda juga akan mendapatkan kekuatan daya tahan otot. Karena, dalam olahraga bulutangkis membutuhkan ayunan dan jangkauan.

6. Baik untuk Kesehatan Secara Kesuluruhan

Dari banyaknya manfaat diatas, olahraga ini juga dapat mengurangi hingga menghilangkan resiko kepada masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas.

7. Meningkatkan Mobilitas

Seiring berjalannya waktu juga bertambahnya usia. Oleh karena itu, mobilitas menjadi terbatas. Tetapi tetap aktif membantu mencegah permasalahan ini. Menjaga dan melumasi sendi, mencegah artritis hingga kondisi serupa menjadi berkembang.

8. Menurunkan Berat Badan

Kenapa bisa untuk menurunkan berat badan? Karena olahraga bulutangkis dapat membakar lemak dan peningkatan metabolisme.

Selain itu, jika dibarengi dengan cara diet yang tepat, maka penurunan berat badan optimal dapat dicapai.

9. Menurunkan Resiko Diabetes

Jika, anda melakukan olahraga ini secara rutin bisa bermanfaat menurunkan resiko penyakit diabetes atau penyakit gula. Karena, Gerakan olahraga ini bisa membantu menurunkan kadar gula rendah yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit gula. (na)