6 Tips Diet Sehat Yang Wajib Kamu Coba

Ilustrasi: mengatur waktu makan yang tepat saat diet
Ilustrasi: mengatur waktu makan yang tepat saat diet

Gemapos.ID (Jakarta) - Menjaga berat badan tetap ideal bukan hanya sekedar untuk mempercantik penampilan tatapi juga baik untuk kesehatan.

Nah, berikut ini adalah pola hidup sehat yang bisa kamu jalani dengan mudah demi mencapai berat badan idealmu!

1. Jangan Lewatkan Makan Pagi!

Jangan pernah berpikir bahwa dengan melewatkan makan pagi berarti bisa memotong jumlah kalori. Justru yang ada kita malah bisa berakhir makan lebih banyak dari semestinya karena menahan lapar dari pagi. 

Bahkan menurut penelitian para dokter, mereka yang bersantap sarapan pagi justru memiliki tingkat indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dan memiliki kinerja tubuh lebih baik.

Jika kamu khawatir dengan apa yang semestinya disantap saat pagi hari, mungkin sudah waktunya untuk menyiapkan sarapan sehatmu sendiri. Misalnya saja sereal dengan buah-buahan dan susu rendah lemak, smoothie bowl, salad, dan banyak kombinasi sehat lainnya.

2. Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah

Setelah makan pagi dengan sereal. Misalnya, kita bisa menyiapkan makan siang seperti salad ataupun sup atau dengan menambahkan sayur ataupun buah dalam menu makan sehari-hari kita, termasuk untuk camilan. Dengan demikian asupan kita terdiri atas beragam vitamin, mineral, serat, dan banyak nutrisi-nutrisi lainnya.

3. Ganti dengan Karbohidrat Sehat

Kemudahan hidup di zaman now adalah ketersediaan begitu banyaknya karbohidrat sehat selain apa yang secara tradisional kita makan. Misalnya saja kita bisa mulai mengonsumsi whole grains (sereal utuh) daripada yang olahan seperti roti putih, kue-kue, serta kukis.

Contohnya adalah dengan mengonsumsi roti gandum, popcorn, biskuit gandum, ataupun nasi merah sebagai pengganti nasi putih.

4. Mengatur Porsian dengan Bijak

 Inilah satu cara yang paling simpel luar biasa dalam menurunkan berat badan. Turunkan sekitar 10% – 20% porsi makan sehari-hari kamu, maka berat badan-pun akan ikut turun. Patut diingat kalau biasanya kita cenderung menyiapkan porsian sendiri terlalu banyak di rumah ataupun ketika disiapkan restoran. Keuntungan lainnya dari cara ini adalah kita masih bisa menyantap makanan-makanan yang kita sukai tanpa harus berdiet.

5. Bergerak Lebih Banyak

Meski disebut harus bergerak lebih banyak bukan berarti kamu harus memaksa dirimu untuk berolahraga keras, yang terpenting adalah kamu menyukainya dan bisa rutin melakukannya.

Jika kamu bingung harus olahraga apa? maka yang bisa kamu lakukan adalah berjalan lebih banyak. Begitu banyak aplikasi di handphone kini yang dapat menghitung jumlah langkahmu sehari-hari. Usahakan mencapai sekitar 10,000 langkah per hari agar maksimal. Kamu bisa melakukannya dengan berjalan dari stasiun KRL menuju kantor, menyeberangi jembatan Transjakarta, ataupun ketika sedang menelpon orang.

6. Banyak Minum untuk Pola Hidup Sehat

Inilah satu kunci penting dalam menjaga pola hidup sehat. Namun minum juga tidak boleh sembarangan, terlebih untuk yang manis-manis karena mengandung kalori tinggi. Sebagai alternatifnya – biasakan meminum air saja, infused water, susu rendah lemak, atau jus buah segar. Hindari jus buah kemasan yang biasanya sudah mengandung gula dan terbuat hanya dari konsentrat.

Nah, itulah tips diet sehat yang bisa kamu terapkan untuk menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Selamat mencoba!(mhi/ri)